SERBA LIMA: Surga di 5 Puncak Gunung Indonesia

SHARE
SERBA LIMA: Surga di 5 Puncak Gunung Indonesia
SOLOPOS.COM - Kawah gunung Bromo, Jawa Timur (JIBI/Solopos/Dok)

Indonesia memiliki pesona alam yang begitu banyak dan tersebar hampir di seluruh pulau. Salah satu pesona alam yang dimiliki adalah gunung-gunung yang banyak diminati oleh para pendaki gunung. Puncak gunung bisa dirasakan jadi surga pagi para pecinta alam.

Serba Lima kali ini akan menampilkan lima puncak gunung paling cantik di Indonesia. Inilah lima surga di puncak gunung Indonesia, seperti dihimpun Solopos.com, Sabtu (13/9/2014);

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Sunrise di Puncak Gunung Rinjani

Gunung Rinjani (indonesia.travel)

Gunung Rinjani (indonesia.travel)

Sunrise di Puncak Gunung Rinjani

Gunung Rinjani berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat memiliki pesona yang memikat para pendaki. Inilah gunung tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. Pesona matahari terbit jadi tontonan menarik bagi pendaki.

Gunung ini punya danau Segara Anak, yang menjadi daya tarik para pendaki. Di sekitar Danau Segara Anak dapat digunakan untuk berkemah, bahkan dapat memancing ikan di danau ataupun berendam di air panas yang mengandung belerang.

Dikutip Solopos.com, Selasa (26/8/2014), dalam situs tnrinjani.net Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) diusulkan sebagai kawasan geopark atau taman bumi dunia kepada UNESCO. Sebelumnya, sudah diresmikan pada tahun 2012 lalu Gunung Batur Bali diresmikan sebagai geopark pertama di Indonesia.

Kawah Mendidih Ujung Gunung Ijen

Kawah Mendidih Ujung Gunung IjenIjenGunung

Gunung Ijen terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Gunung ini memiliki pesona yang memukau pada kawahnya. Kawah Ijen jadi salah satu destinasi menarik. Kawah Ijen merupakan kawah dengan kaldera terluas di dunia. Luasnya sekitar 5.466 ha.

Ketika matahari menyinari puncak, kawah itu berwarna hijau kebiruan. Sayangnya, panas air kawah mencapai 200 derajat celcius, sehingga tak bisa dipakai berendam.

Di sinilah para penambang belerang tradional mencari bongkahan. Biasanya, penambang mengumpulkan bongkahan dan dipanggul sejauh 3 km.

Mitos Danau Tiga Warna Gunung Kelimutu

Mitos Danau Tiga Warna Gunung Kelimutu

Gunung ini berada di Nusa Tenggara Timur, surga di puncak gunung itu adalah adanya Danau Tiga Warna. Gunung yang bermahkotakan Danau Tiga Warna itu memiliki keunikan pada air yang berubah-ubah seiring berjalannya waktu.

Sejauh ini, setidaknya ada tiga warna, putih, biru, dan merah. Warga setempat pun memiliki kepercayaan setiap warnanya memiliki arti masing-masing. Dilansir oleh situs detik.com, konon setiap kawah itu dihuni oleh arwah-arwah.

Pesona Puncak Gunung Bromo

Pesona Puncak Gunung BromoBromo

Bromo jadi salah satu obyek wisata yang cukup populer di pula Jawa. Gunung dengan ketinggian 2.392 mdpl ini menyihir para pengunjungnya dengan pesona alam yang menuju puncaknya. Menuju puncak gunung, pendaki akan melewati lautan pasir.

Dari puncak gunung itulah sunrise jadi tontonan yang khas. Selain menyaksikan matahari terbit, pendaki mendapat bonus pemandangan Gunung Semeru.

Lapisan Salju di Puncak Jaya

Lapisan Salju di Puncak Jaya

Gunung yang berada di wilayah bagian timur Indonesia itu merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Ketinggiannya mencapai 5.030 mdpl. Berbeda dengan gunung-gunung di Indonesia, inilah satu-satunya gunung di Indonesia yang memilik pesona lapisan salju.

Puncak Jaya ini masuk dalam Seven Summit di tujuh benua dunia versi Reinhold Messne.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago