SOLOPOS.COM - Lukisan the Concert. (Telegraph.co.uk)

Serba lima kali ini akan membahas tentang lima benda termahal di dunia yang pernah dicuri.

Solopos.com, SOLO – Di dunia ini ada banyak sekali kasus pencurian terjadi setiap harinya.  Beberapa diantaranya menjadi sebuah kasus besar karena harga barang yang dicuri sangatlah mahal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Barang-barang termahal di dunia yang pernah dicuri sebagian besar merupakan karya seni klasik, peninggalan kerajaan, atau logam mulia dengan jenis yang tidak biasa. Kronologi kasus pencuriannya pun beragam. Ada yang dicuri oleh komplotan pencuri profesional, orang dalam, hingga pencurian yang tidak mengambil barang curiannya karena memanfaatkan surat-surat hukum.

Dilansir The Richest, Selasa (9/6/2016), inilah lima jenis barang termahal di dunia yang pernah dicuri.

Lukisan Mona Lisa

Lukisan Mona Lisa merupakan salah satu lukisan terpopuler karya Leonardo Da Vinci. Lukisan tersebut dilaporkan selesai dibuat Da Vinci antara tahun 1503 dan 1506. Pada 1797 Mona Lisa mulai dipamerkan di museum Louvre, Perancis hingga akhirnya dicuri oleh pegawai museum bernama Vicenzo Perrugia, pada 1911.

Lukisan Mona Lisa. (History.com)

Lukisan Mona Lisa. (History.com)

Lukisan legendaris ini akhirnya bisa ditemukan dua tahun kemudian dan dikembalikan ke museum Louvre. Saat pertama kali hilang lukisan itu bernilai sekitar 100 juta dolar AS. Sekarang ini nilainya melambung hingga 2 miliar dolar AS.

Gedung Empire State

Pencurian ini sepertinya tidak mungkin dilakukan, akan tetapi secara teori pernah dilakukan dan pelakunya adalah The New York Daily News. Media yang berbasis di Kota New York itu membuat sebuah perusahaan palsu yang diberi nama Nelots Properties,LLC.

Gedung Empire State. (History.com)

Gedung Empire State. (History.com)

Perusahaan itu membuat dokumen palsu yang ditandatangani notaris palsu. Hal ini dilakukan The New York Daily News untuk membuktikan bahwa ada celah kejahatan di aturan properti yang diberlakukan pemerintah pada saat itu. Satu hari setelah publikasi surat itu, The New York Daily News mengembalikan kepemilikan gedung senilai 2 miliar dolar AS itu.

Lukisan The Concert

The Concert merupakan lukisan karya Johannes Vermeer. Ia adalah pelukis asal Belanda. The Concert dilukis oleh Vermeer pada 1664, lukisan itu menggambarkan seorang perempuan memainkan harpa, pria bermain seruling dan perempuan yang sedang bernyanyi.

Lukisan the Concert. (Telegraph.co.uk)

Lukisan the Concert. (Telegraph.co.uk)

Ditemukan pada 1892, lukisan ini mulai dipamerkan di museum Isabella Stewart Gardner di Boston sejak 1903. Sayang sekali, pada 1990 lukisan ini dicuri. Di malam kejadian, seorang pencuri yang menyamar sebagai polisi disebut membawa pergi lebih dari 13 lukisan. Lukisan The Concert diperkirakan bernilai 300 juta dolar AS. Sampai sekarang lukisan The Concert masih hilang.

Lukisan Pablo Picasso

Pablo Picasso merupakan salah satu nama seniman yang paling berpengaruh di abad ke-20. Ia tak jarang membuat karya-karya yang bernilai ekonomis tinggi. Museum Musee d’Art Moderne de la Ville de Paris sempat memamerkan beberapa lukisan Picasso.

Lukisan Pablo Picasso. (ABC.net.au)

Lukisan Pablo Picasso. (ABC.net.au)

Pada 2010, pencuri berhasil membobol museum tersebut dan membawa pergi lima lukisan Picasso. Kelima lukisan bernilai kurang lebih 123 juta dolar AS. Sekarang ini, empat dari lukisan yang hilang sudah ditemukan, pelakunya pun sudah tertangkap. Akan tetapi lukisan kelima yang berjudul The pigeon with green peas masih tidak diketahui keberadaannya.

Berlian Amsterdam

Berlian merupakan salah satu logam mulia yang nilai ekonomisnya sangat tinggi. Salah satu perampokan berlian terbesar di dunia pernah terjadi di Amsterdam, Belanda. Pelakunya dua pria berpakaian seperti pegawai maskapai penerbangan KLM.

Berlian. (Salon.com)

Berlian. (Salon.com)

Mereka membawa truk KLM menuju area penyimpanan barang di bandara Schiphol di Amsterdam. Disitulah mereka membajak truk lain yang membawa berlian senilai 118 juta dolar AS. Polisi berhasil menemukan truk pembawa berlian itu namun tidak pernah menemukan satupun butir berlian yang dicuri.



(Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya