SOLOPOS.COM - ilustrasi (bp.blogspot.com)

Serangan hewan Wonogiri, babi hutan meresahkan warga karena merusak tanaman.

Solopos.com, WONOGIRI–Warga di beberapa desa di Giriwoyo mulai diresahkan adanya serangan babi hutan yang merusak tanaman warga. Hal serupa juga terjadi di Ngambarsari, Karangtengah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Camat Giriwoyo, Sariman, serangan tersebut terjadi di Desa Selomarto, Bumiharjo, Ngancar, Guwotirto, Tirtosworo dan Pidekso. Warga di wilayah-wilayah tersebut mulai resah karena babi hutan mulai merusak tanaman warga. “Serangan babi hutan sudah terjadi di enam desa. Warga mulai resah,” kata dia kepada Solopos.com, Rabu (19/8/2015). Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, babi hutan mulai turun ke perkebunan warga sejak dua bulan terakhir. Mereka merusak tanaman padi, jagung dan ketela milik warga.

Hal serupa juga terjadi di Ngambarsari, Karangtengah. Menurut Kepala Desa Ngambarsari, Fitri Hanani, serangan babi hutan di wilayahnya sudah terjadi bertahun-tahun. “Dampaknya tentu mengganggu pertanian. Ada enam dusun, semua terkena dampaknya,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Rabu. Bahkan warga sudah tidak tahu lagi harus berbuat apa guna mengusir babi hutan. Sebab jebakan berupa kubangan yang selama ini diandalkan warga sudah tidak mempan lagi menjebak babi hutan. “Mungkin sudah hafal, jadi tidak maksimal lagi,” kata dia.

Kondisi tersebut menyebabkan produksi jagung, padi dan ketela terus mengalami penurunan. “Bahkan lahan pertanian [padi] digunakan untuk arena berguling para babi hutan, sehingga tanamannya rusak,” kata dia. Hal tersebut semakin parang karena bukan hanya babi hutan saja yang menyerang tanaman warga. Monyet dari hutan pun mulai turun pada musim kemarau seperti saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya