SOLOPOS.COM - Ilustrasi hacking (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Serangan Hacker terjadi dan kali ini yang jadi korban adalah situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (Setkab).

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (Setkab) dibobol hacker dan laman utamanya di-deface atau diganti tampilannya. Si pembobol memasukkan animasi dalam format gif ke dalam situs tersebut.

Situs yang beralamat di setkab.go.id tersebut masih menampilkan sejumlah animasi dengan latar belakang hitam, layaknya tampilan command prompt.

Si hacker memang tak mengganti situs tersebut secara keseluruhan. Mereka masih membiarkan latar belakang berwarna biru dengan tulisan ‘SEKRETARIAT KABINET REPUBLIK INDONESIA’ pada bagian atas.

Namun tepat di bawahnya, mereka menyusupkan sebuah animasi gif, yang menggunakan nama ‘giphy.gif. File animasi tersebut tersimpan di situs Giphy, yang memang menyediakan layanan penyimpanan file gif. Sementara pada bagian tab browser, akan tertulis ‘Hello form the dark side, may force be with you.’

Belum jelas siapa orang iseng yang men-deface situs lembaga pemerintahan yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI tersebut. Ini bukan pertama kalinya situs Setkab dibobol hacker.

Pada tahun 2008, situs tersebut juga pernah di-deface oleh orang tak bertanggung jawab. Kala itu, si hacker menampilkan tulisan ‘Merdeka Tapi Bingung’ di laman utama situs tersebut. Pelaku pembobolan tercatat sebagai dedemit maya dengan samaran ixsso.dll.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya