SOLOPOS.COM - Ilustrasi serangan hacker di situs setkab.go.id. (Istimewa)

Serangan hacker membuat situs Setkab lumpuh dan tak bisa diakses hingga sekarang.

Solopos.com, JAKARTA – Situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (Setkab) dibobol hacker dan laman utamanya di-deface atau diganti tampilannya. Si pembobol memasukkan animasi dalam format gif ke dalam situs tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pantauan Solopos.com, Jumat (25/12/2015) pagi hingga 10.00 WIB, homepage Setkab hingga kini masih tidak bisa diakses oleh masyarakat sebagaimana mestinya untuk mencari informasi tentang teknis, dan pemikiran kepada Presiden selaku Kepala Pemerintahan.

Sebelumnya, seperti dilansir Detik, Kamis (24/12/2015) sore, situs yang beralamat di setkab.go.id tersebut masih menampilkan sejumlah animasi dengan latar belakang hitam, layaknya tampilan command prompt.

Sekira mulai pukul 15.00 WIB, laman Setkab.go.id menjadi korban ulah para Anonymous atau kelompok Hacktivis.

Hacker memang tak mengganti situs tersebut secara keseluruhan. Mereka masih membiarkan latar belakang berwarna biru dengan tulisan SEKRETARIAT KABINET REPUBLIK INDONESIA pada bagian atas.

Hingga saat ini belum diketahui apa motif yang dilakukan oleh Hacktivis pada homepage laman website kabinet Republik Indonesia menterinya Jokowi Widodo tersebut.

Sekadar informasi, tugas dari Setkab adalah Sekretariat Kabinet mempunyai tugas memberi dukungan staf, administrasi, teknis, dan pemikiran kepada Presiden selaku Kepala Pemerintahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya