SOLOPOS.COM - Hacker BBM yang diciduk Polda Metro Jaya. (Detik.com)

Serangan hacker terhadap akun BBM memanfaatkan link jebakan.

Solopos.com, JAKARTA – Polda Metro Jaya berhasil menangkap sekelompok peretas (hacker) yang kerap melakukan serangan dengan mencuri akun Blackberry Messenger (BBM). Salah satu hacker yang ditangkap bernama Al Gazali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Kombes Pol Krishna Murti mengatakan penangkapan hacker BBM dilakukan oleh Tim Jatanras Unit 2. Hacker yang terdiri dari 12 mahasiswa itu diciduk di tiga lokasi berbeda di Palopo, Sulawesi Selatan.

Lokasi pertama adalah perumahan Tama Lebba. Di lokasi tersebut Jatarnas Unit 2 menciduk Rismunandar, 23, Al Gazali, 20, dan Mutmain, 22. Dari tangan pelaku diamankan dompet dan sejumlah smartphone.

Selanjutnya M Narkolis, 19, Adrian, 19, dan Iqbal, 19, ditangkap di lokasi kedua, yakni di Desa Wara Timur. Sedangkan di lokasi ketiga, Desa Wara Selatan, diamankan Talib, 24, Fathul, 19, Juslan, 27, Murwan, 25, Askian, 19, dan Ajun, 19.

”Para pelaku ini hacker BBM, mereka ditangkap di tiga lokasi,” ujar Krishna sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Detik, Sabtu (16/1/2016).

Lebih lanjut, Krishna menjelaskan para hacker menyebar link berisi konten pornografi. Selanjutnya korban diminta memasukkan alamat email dan password untuk memutar atau mengunduh video.

Setalah email dan password didapat, para hacker menggunakannya untuk masuk ke aplikasi BBM. Otomatis seluruh kontak yang dimiliki korban juga bisa diakses lewat smartphone yang dipegang Al Gazali CS.

Kasat Jatanras Polda Metro AKBP Hery Heryawan menambahkan, para hacker setelah menggandakan akun BBM kemudian melakukan kriminalitas dengan meminta pulsa atau yang lainnya kepada rekan BBM para korban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya