SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA — Keberadaan WiFi hotspot sepenuhnya tidak memberikan jaminan keamanan bagi Anda dari serangan hacker.

Berikut rahasia hacker yang biasa digunakan untuk masuk ke jaringan atau komputer Anda, seperti dilansir dari laman About Technology, Jumat (5/12/2014) :

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1. Menembus Enkripsi WEP

Enkripsi Wired Equivalent Privacy (WEP) tidak bisa melindungi jaringan nirkabel Anda sepenuhnya. WEP bisa ditembus oleh hacker dalam hitungan menit, yang berarti enskripsi WEP hanya memberikan rasa aman yang palsu.

2. Menjebol Filter MAC

Menggunakan router nirkabel dengan filter Media Access Control (MAC) untuk mencegah perangkat yang tidak dikenal bergabung dengan jaringan Anda tidak efektif dan mudah ditembus.

Setiap perangkat berbasis IP, entah itu komputer, sistem game, printer, dan lain sebagainya pasti memiliki alamat kode MAC yang unik dalam jaringan. Banyak router yang memungkinkan Anda untuk mengizinkan atau menolak akses jaringan pada perangkat yang memiliki alamat MAC.

Router nirkabel memeriksa alamat MAC yang meminta perangkat yang ingin masuk ke dalam jaringan dan membandingkannya atau ditolak. Ini terdengar seperti mekanisme keamanan yang super ketat. Tapi masalahnya hacker dapat membuat alamat MAC palsu yang dengan mudah bisa diizinkan untuk masuk ke jaringan Anda.

3. Incar Router yang Dikontrol Secara Remote

Banyak router nirkabel memiliki pengaturan yang memungkinkan Anda untuk mengelola router melalui koneksi nirkabel. Ini berarti Anda dapat mengakses semua pengaturan router keamanan dan fitur lainnya tanpa harus berada di komputer yang terhubung ke router menggunakan kabel Ethernet.

4. Intai Wi-Fi Hotspot Publik Gratisan

Hacker dapat menggunakan alat-alat seperti Firesheep dan AirJack untuk melakukan penyerangan di mana mereka menerobos ke dalam percakapan nirkabel antara pengirim dan penerima. Begitu mereka berhasil masuk ke jalur komunikasi, mereka bisa mencuri password akun Anda, membaca e-mail, dan melihat pesan instan Anda.

Mereka bahkan dapat menggunakan alat-alat seperti SSL Strip untuk mendapatkan password website yang Anda kunjungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya