SOLOPOS.COM - Ilustrasi hacking (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Serangan hacker di media sosial ternyata bisa diantisipasi.

Solopos.com, SOLO —  Belum lama ini, akun media sosial milik CEO Facebook, Mark Zuckerberg, diretas oleh sekelompok hacker. Apa yang dialami oleh Zuckerberg bisa saja menimpa pengguna lainnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Supaya yang menimpa Mark Zuckerberg tak terjadi pada diri Anda, maka Anda perlu memerhatikan beberapa hal, sehingga akun media sosial tak dibobol sekawanan hacker. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk melindungi akun media sosial agar tak dibobol hacker, sebagaimana dikutip dari Mashable, Jumat (10/6/2016).

Memilih Password yang Baik

Sebagian besar pengguna Internet menyadari, memilih password yang kuat itu penting. Tepatnya, sandi yang kuat telah berubah selama beberapa tahun. Satu dekade lalu, 34xyf4ds dianggap password yang kuat, sekarang hacker dengan berbekal laptop bisa membobol password tersebut.

Sekarang, password yang baik setidaknya terdiri dari 12 karakter, mungkin lebih baik. Karakter password itu mesti harus berisi angka serta huruf besar dan jangan mengandung informasi pribadi yang mudah ditebak.

Jangan Gunakan Password yang Sama Dua Kali

Setelah Anda memilih password yang baik, Anda berpikir sudah aman? Jawabannya tidak. Bila password yang aman digunakan di beberapa web, maka pengguna masih belum aman. Bila salah satu situs bisa dikompromikan hacker bisa mencoba alamat e-mail Anda dan password yang sama pada layanan online lainnya.

Gunakan Password Manager

Mengingat password yang kuat bahkan rumit bukan perkara mudah. Di sini, password manager seperti LastPass atau Dashlane memainkan perannya. Layanan ini menyimpan semua password Anda, acap kali secara otomatis mengisi kredensial online Anda, tetapi Anda hanya bisa membuka mereka dengan password master, sehingga password itulah yang benar-benar harus diingat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya