SOLOPOS.COM - Ilustrasi BBM di Iphone dan Android (tech2.in.com)

Serangan hacker mencuri akun BBM memanfaatkan

Solopos.com, JAKARTA – Belakangan ini muncul keluhan akun Blackberry Messenger (BBM) yang dibajak atau dicuri. Ternyata para peretas (hacker) melakukan serangan itu dengan mencuri alamat email dan password Anda terlebih dahulu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Kombes Pol Krishna Murti menjelaskan para hacker menebar link jebakan yang berisi konten pornografi atau konten lain yang meminta korban memasukkan email dan password miliknya.

”Saat akan memutar film atau men-download, korban diminta memasukkan email berikut password-nya terlebih dahulu,” ujar Krishna seperti dilansir laman Detik, Sabtu (16/1/2016).

Salah satu polisi ganteng dalam teror bom di Sarinah Thamrin itu menambahkan, setelah email dan password korban didapat, para hacker menggunakannya untuk mendaftar Blackberry ID di aplikasi BBM.

”Setelah itu mereka [hacker] memanfaatkan kontak BBM milik korban,” imbuh Krishna.

Kelemahan korban dan sebagian besar pengguna Internet (netizen) adalah mereka hanya menggunakan satu email dan password untuk mendaftar di banyak aplikasi beberapa akun sosial media (sosmed) termasuk BBM.

Supaya terhindar dari serangan hacker, sebaiknya gunakan beberapa email berbeda untuk mendaftar ke aplikasi smarthphone maupun sosmed. Selain itu rubahlah password secara berkala.

Sebagai informasi, trik mencuri akun BBM itu diketahui setelah Unit 2 Jatanras Polda Metro Jaya menangkap sekelompok hacker yang terdiri dari 12 orang mahasiswa di Palopo, Sulawesi Selatan, belum lama ini.

Kasat Jatanras Polda Metro AKBP Hery Heryawan mengatakan, para hacker setelah menggandakan akun BBM, mereka kemudian melakukan kriminalitas dengan meminta pulsa atau yang lainnya kepada rekan di kontak BBM para korban.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya