SOLOPOS.COM - Ilustrasi serangan hacker di situs setkab.go.id. (Istimewa)

Serangan hacker di Indonesia membuat servernya dijual Rp80.000.

Solopos.com, JAKARTA — Berdasarkan laporan dari Kaspersky Lab tentang 70.000 server organisasi dari 173 negara yang diperjualbelikan, menempatkan beberapa negara di dunia yang terkena serangan dari para peretas yang berlokasi di sebuah forum bernama xDedic.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dikutip dari Okezone, Sabtu (18/6/2016), salah satu negara yang terkena dampak peretasan adalah Indonesia. Dari jumlah sebanyak 70.624 server yang diretas, Indonesia menduduki peringkat ke-37 dengan jumlah server yang diretas sebanyak 459 server.

Selain Indonesia, terdapat juga sepuluh negara lainnya menjadi korban dengan jumlah server yang diretas cukup banyak. Negara-negara tersebut di antaranya Brasil, Tiongkok, Rusia, India, Spanyol, Italia, Prancis, Australia, Afrika Selatan, dan Malaysia.

xDedic tampaknya telah membuka bisnis bagi para penjahat siber sekitar 2014, dan popularitasnya semakin bertumbuh secara signifikan sejak pertengahan 2015. Pada Mei 2016, terdapat 70.624 server dari 173 negara yang diperjualbelikan dan diposting dalam 416 nama penjual yang berbeda-beda.

Setelah meretas dan berhasil mendapatkan akses dari korbannya, peretas xDedic memperjualbelikannya kepada peretas lain untuk kembali menyerang server yang telah diretas sebelumnya. Parahnya, akses server tersebut dijual dengan harga murah dengan sekitar Rp80.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya