SOLOPOS.COM - Ilustrasi (searchterms.com)

Serangan hacker dengan meluncurkan Spyware ternyata berbahaya.

Solopos.com, JAKARTA — Serangan Spyware bisa merusak data pribadi Anda. Dalam tingkatan tinggi, Spyware dapat mengetahui apa saja yang pengguna tekan di papan keyboard. Banyak peretas menggunakan spyware untuk tujuan jahat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Direktur Riset Communication and Information System Security Research Center (CISSReC), Panji Agus Muttaqin, menyebut ada beberapa teknik agar terhindar dari Spyware. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari serangan Spyware sebagaimana dikutip dari Okezone, Rabu (20/4/2016).

1. Jangan membuka tautan yang ada pada jendela pop-up di browser. Karena biasanya pop-up ini adalah Spyware. Dengan meng-klik tautan itu dapat meng-install Spyware pada perangkat komputer. Untuk menutup jendela pop-up, klik X pada jendela browser, jangan klik close yang ada di dalamnya.

2. Pilih tidak ketika muncul pertanyaan yang tidak diduga. Berhati-hatilah terhadap kotak dialog yang muncul yang menanyakan apakah ingin menjalankan program tertentu dan pertanyaan lain yang serupa.

3. Berhati-hatilah terhadap software yang dapat diunduh secara gratis. Ada banyak situs yang menawarkan aplikasi atau toolbar yang menarik perhatian pengguna. Jangan mengunduh program dari situs yang tidak dipercaya. Pengguna harus menyadari bisa mengekspos perangkat komputernya terhadap spyware dengan mengunduh program-program tersebut.

3. Jangan membuka tautan pada email yang menawarkan aplikasi anti-spyware. Tautan tersebut berbahaya dan bisa saja berisi Spyware.

4. Mengatur browser yang digunakan. Jendela pop-up pada browser sering dihasilkan dari beberapa jenis script. Atur browser untuk mengurangi atau mencegah berjalannya script, sehingga dapat mengurangi pop-up yang muncul. Beberapa browser menawarkan pilihan khusus untuk memblokir dan membatasi jendela pop-up.

Bagaimana Cara untuk Menghilangkan Spyware?

1. Jalankan scan penuh pada komputer menggunakan software antivirus. Beberapa aplikasi antivirus akan menemukan dan menghapus Spyware yang menginfeksi. Buat jadwal agar antivirus melakukan scan penuh secara berkala.

2. Gunakan software yang dibuat khusus untuk menghilangkan Spyware. Banyak anti-spyware yang tersedia yang bisa digunakan untuk menghilangkan spyware dari perangkat komputer.

3. Seluruh OS pada PC, Mac, dan smartphone kini rawan terhadap serangan Spyware. Untuk memperkecil kemungkinan terkena serangan, harus menginstal update yang digulirkan, biasanya disertakan update untuk meningkatkan keamanan pada sistem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya