SOLOPOS.COM - ilustrasi.dok

ilustrasi.dok

JOGJA-Dua bom di Marathon Boston telah menewaskan sedikitnya dua orang tewas dan puluhan luka-luka. Berikut ini adalah sejarah pemboman terburuk di Amerika Serikat selama 20 tahun terakhir, termasuk beberapa upaya yang gagal :

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

-15 April 2013: Dua bom meledak di dekat garis finish maraton Boston, menewaskan dua orang dan melukai lebih dari 80 orang.

-17 Januari 2011: Sebuah bom ransel ditempatkan di sepanjang Luther rute pada parade Martin King di Spokane, Washington. Namun upaya tersebut gagal dan mampu dinonaktifkan sebelum meledak. Sementara Kevin Harpham, tersangka peletakan bom dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman 32 tahun di penjara federal.

-1 Mei 2010: Imigran Pakistan Faisal Shahzad meninggalkan sebuah kendaraan bermuatan bahan peledak di New York Times Square. Namun bom bisa dinonaktifkan. Shahzad akhirnya ditangkap ketika ia mencoba untuk meninggalkan negara itu dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

-25 Desember 2009: Warga negara Nigeria Umar Farouk Abdulmutallab membajak sebuah pesawat dari Paris ke Detroit dan mengancam akan meledakkannya dengan bom yang disembunyikan di pakaiannya. Dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

– 11 September 2001: Empat jet komersial dibajak oleh 19 militan al-Qaeda dan melakukan aksi bunuh diri dengan menabrakkannya ke dua menara Trade Center, New York City. Akibatnya, hampir 3.000 orang tewas di New York, Washington dan Pennsylvania.

– 22 Jan, 1998: Theodore Kaczynski dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tanpa pembebasan bersyarat, setelah terbukti melakukan pemboman yang telah menewaskan tiga orang dan melukai 23 orang lainnya, selama kurun waktu 1978 dan 1995.

– 20 Januari 1998: Sebuah bom di sebuah klinik aborsi di Birmingham, Alabama, membunuh seorang penjaga dan melukai seorang perawat. Eric Robert Rudolph diduga dalam kasus ini.

– 27 Juli 1996: Sebuah bom meledak di Centennial Olympic Park di Atlanta selama Olimpiade Musim Panas, menewaskan dua orang dan melukai lebih dari 100. Eric Robert Rudolph ditangkap pada tahun 2003. Dia mengaku bersalah dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

– 19 April, 1995: Sebuah bom mobil yang diparkir di luar Murrah Federal Building di Oklahoma City membunuh 168 orang dan melukai lebih dari 500. Ini adalah pemboman AS paling mengerikan selama 75 tahun terakhir. Timothy McVeigh dan Terry Nichols yang dihukum. McVeigh dilaksanakan pada tahun 2001 dan Nichols dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

– 26 Februari 1993: Sebuah bom meledak di sebuah van di garasi bawah tanah World Trade Center di New York City, menewaskan enam orang dan melukai lebih dari 1.000. Lima pelaku yang akhirnya dihukum.

– 7 November 1983: Sebuah bom pukulan lubang di dinding luar ruang Senat di Capitol di Washington. Tak ada yang terluka. Dua orang dari gerakan kiri mengaku bersalah.

– 16 Mei 1981: Sebuah bom meledak di kamar mandi pria di Pan Am terminal di New York Kennedy Airport, membunuh seorang pria. Sebuah kelompok yang menamakan dirinya Perlawanan Bersenjata dari Puerto Rico mengklaim tanggung jawab.

Sumber: berbagai sumber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya