Seragam Cokelat Diganti, Ini Kata Perusahaan Penyedia Jasa Satpam Solo

Perusahaan penyedia jasa petugas satuan pengamanan atau satpam di Solo masih menunggu kepastian soal penggantian seragam cokelat satpam yang mirip polisi.
SHARE
Seragam Cokelat Diganti, Ini Kata Perusahaan Penyedia Jasa Satpam Solo
SOLOPOS.COM - Seragam Satpam yang berwarna cokelat akan diganti warna krem karena membikin bingung dengan seragam Polri. (Antara)

Solopos.com, SOLO — Salah satu perusahaan outsourcing penyedia jasa petugas pengamanan atau satpam di Solo dan Jawa Tengah, PT Rusyida Mitra Perkasa (RMP), mengaku hanya bisa menunggu terkait wacana penggantian seragam satpam oleh kepolisian.

Personnel Manager RMP, Arif Ubaidillah, mengatakan wacana penggantian seragam tersebut sampai Senin belum ada kepastian dari Polri. “Kami masih menunggu saja seperti apa nanti kepastiannya,” katanya kepada Solopos.com, Senin (17/1/2022).

PromosiOrang Solo Suka Belanja Gadget di Tokopedia, Seller Untung 2 Kali Lipat

Namun, Arif meminta saat nanti seragam satpam yang sekarang berwarna cokelat itu diganti, perusahaan diberi toleransi. Toleransi dimaksud yakni batas waktu untuk mengganti seragam tersebut. “Tahun ini sudah terlanjut pengadaan seragam yang kemarin [warna cokelat],” ujarnya.

Baca Juga: Cerita Warga Soloraya Dibuat Kaget Melihat Seragam Satpam Mirip Polisi

Arif menambahkan mengenai pengadaan seragam bagi petugas satpam termasuk di Solo, perusahaannya tidak membebankan kepada personel termasuk saat penggantian ke warna cokelat beberapa bulan lalu. Hal itu biasanya sudah termasuk dalam nilai kontrak dengan perusahaan mitra.

Saat ini RMP bermitra dengan menyediakan jasa petugas satpam bagi 52 perusahaan di Jawa Tengah. Dari jumlah itu total personel satpam yang dipekerjakan ada sekitar 1.320 orang.

Sementara itu, UNS Solo sebagai salah satu instansi yang cukup banyak menggunakan jasa petugas satpam juga hanya bisa menunggu. Koordinator Umum UNS Solo, Iwan Wisnu Anggono, mengatakan total jumlah satpam dari perusahaan outsourcing yang bekerja di UNS ada 290 personel.

Baca Juga: Seragam Satpam yang Diganti Warna Hanya Bajunya

Seragam Baru Dipamerkan Akhir Januari

Sedangkan satpam dari internal UNS sendiri ada sekitar 109 personel. Jumlah tersebut tersebar di seluruh kampus UNS. “Secara serentak, seragam baru satpam yang berwarna cokelat itu sudah digunakan sejak 14 Juni 2021 lalu,” katanya, Senin.

Berdasarkan berita yang diunggah di https://humas.polri.go.id, Polri akan pamerkan seragam satpam yang baru pada 31 Januari 2022. Korps Bhayangkara berencana mengganti warna seragam harian satpam dari yang sebelumnya berwarna cokelat muda menjadi warna krem.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, mengatakan perincian mengenai warna seragam satpam tersebut masih dalam pengkajian.

Baca Juga: Bikin Bingung, Seragam Satpam Bakal Diganti Jadi Warna Krem

“Rencana penggantian ini akan diperkenalkan dulu pada saat hari ulang tahun satpam dan nanti akan digelar pada 31 Januari 2022,” kata Ramadhan seperti dikutip dalam berita itu.

Menurutnya, nantinya juga akan dikeluarkan Peraturan Polisi (Perpol) mengenai penggantian warna seragam satpam. Perubahan warna seragam ini akan efektif setahun setelah Perpol terbentuk.

Ahmad Ramadhan mengatakan pengubahan warna seragam Satpam tersebut untuk menghilangkan kebingungan di masyarakat. Ia menjelaskan seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago