SOLOPOS.COM - Pengunjung Tlatar terlihat mencuci baju di sungai kawasan Umbul Tlatar pada Selasa (3/5/2022). (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Pada Lebaran hari kedua, Selasa (3/5/2022), kawasan wisata air di Tlatar, Boyolali, Jawa Tengah terpantau masih lengang. Pengunjung di kawasan wisata air tersebut didominasi oleh warga lokal yang hendak mencuci pakaian.

Orang-orang tersebut biasanya membawa baju dalam karung goni, karpet, dan tikar dalam jumlah yang banyak. Ada yang datang dengan sepeda motor, mobil pribadi, maupun beramai-ramai dengan mobil bak terbuka.

Promosi Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Mereka kemudian menurunkan barang bawaan dan berjejer mengular memenuhi sungai yang terbentang di Tlatar.

Tradisi Cuci Baju

Salah satu orang yang mencuci baju di sana adalah pemudik dari Karawang, Jawa Barat bernama Solikin. Lelaki 40 tahun tersebut mudik ke daerah Bulusari, Ampel, Boyolali, di momen Lebaran 2022.

“Deket tempat saya dengan Tlatar, jadi ini cuci baju sambil wisata air bersama anak dan istri,” kata dia saat berbincang dengan Solopos.com di area cuci baju.

Baca juga: Hati-Hati! Jalan Klego – Karanggede Boyolali Macet Parah

Ia mengatakan anak-anak bisa bermain air di sungai kemudian ia dan istrinya mencuci baju. Ia juga mengatakan baju yang ia cuci adalah baju kotor selama tiga hari sehingga mencari tempat mencuci baju yang banyak air.

Lebih lanjut, ia mengaku baru pulang ke Boyolali setelah dua tahun lamanya tidak mudik. Ia mengatakan merasa gembira karena bisa kembali ke kampung halaman dan berwisata sambil mencuci baju di Tlatar.

wisata tlatar boyolali
Pengunjung Tlatar terlihat mencuci baju di sungai kawasan Umbul Tlatar pada Selasa (3/5/2022). (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Pengunjung lain asli Kebonbimo, Boyolali, yang ikut suami di Sukoharjo, Winarsih, 38, mengaku baru mudik pada Lebaran kedua ini dan langsung mencuci baju di Tlatar.

“Ini saya ke sini bersama kakak-kakak saya dari Jakarta, dua tahun enggak mudik. Jadi mencuci baju sambil anak-anak bisa keceh,” kata dia.

Baca juga: Soto Seger Mbok Giyem Boyolali Diserbu, Pembeli Sampai Ngemper

Ia mengaku ia bersama kakak-kakaknya mencuci baju 18 orang sehingga harus mencuci baju di Tlatar.

Sementara itu, koordinator teknis Umbul Tlatar Boyolali, Sarjuni, mengatakan pada hari kedua Lebaran memang Umbul Tlatar masih lengang.

“Diprediksi besok atau Lebaran ketiga baru mulai ramai. Hari ini baru dipenuhi warga-warga lokal yang umbah-umbah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya