Seperti Apakah Alarm Bangun Tidur Paling Baik?

Tak jarang kita menyetel alarm supaya bisa bangun tidur pagi hari.
SHARE
Seperti Apakah Alarm Bangun Tidur Paling Baik?
SOLOPOS.COM - Ilustrasi alarm bangun tidur. (Freepik)

Solopos.com, SOLO–Tidak sedikit orang menyalakan alarm supaya bisa bangun tidur di pagi hari.   Namun, ampuhkah cara ini? Jika iya, alarm bangun tidur mana yang paling tepat Anda pilih? Yuk, cari tahu jawabannya di tips kesehatan kali ini.

Pertanyaan paling mendasar ampuhkah alarm untuk membuat Anda bangun dari tidur, tentu cukup mudah dijawab. Pasalnya tak sedikit orang justru tidak mendengar dering jam weker.

PromosiBPJS Ketenagakerjaan Klaim Bikin Masyarakat Makin Aman, Yakin?

Tak sedikit orang menyetel jam weker atau alarm agar bisa bangun tidur pagi. Munculnya bunyi-bunyian inilah yang dijadikan sebagian besar orang untuk membantu mereka bangun tidur sesuai rencana.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Baca Juga: Marvel Rilis Cuplikan “Eternals”, Siap Tayang Utuh November 2021

Herzing University juga menyarankan hal ini jika Anda ingin bangun pagi. Namun, dengan catatan, Anda tidak meletakkan alarm di tempat yang mudah dijangkau.

Alasannya, karena hal ini bisa mempermudah Anda untuk “menekan tombol snooze” dan menunda jam bangun tidur. Sementara bila alarm berada jauh dari tempat tidur, Anda terpaksa harus bangun dari tempat tidur untuk mematikkan. Usaha untuk bangun dari tempat tidur ini membuat Anda jadi lebih waspada dan tidak lagi mengantuk.

Alarm bangun tidur mana yang paling tepat?

Meskipun menyetel alarm cukup ampuh untuk membangunkan Anda, pilihan bunyi/musik/lagu pada alarm ternyata perlu juga Anda perhatikan. Sebuah studi oleh RMIT University menunjukkan bahwa pilihan bunyi alarm berpengaruh pada kondisi setelah Anda bangun dari tidur.

Alarm dengan musik yang menenangkan dapat meningkatkan kewaspadaan. Itu artinya, Anda akan lebih cepat beradaptasi dengan kondisi sekitar setelah bangun dan bergegas untuk bangkit dari kasur.

Sementara alarm dengan musik yang keras, cenderung membuat Anda terbangun dengan kondisi kaget. Bangun dengan kondisi seperti ini bisa membuat suasana hati jadi buruk. Anda mungkin akan lebih mudah marah atau rentan mengalami sakit kepala.

Kondisi bangun tidur yang buruk ini, Anda kenal dengan sebutan sleep inertia. Efek sleep inertia tidak cuma itu saja, performa kerja Anda juga akan merosot dalam 4 jam.

Guna mengetahui mekanismenya, peneliti mengamati dua bunyi alarm bangun tidur, yakni ‘bip bip’ dan lagu Close To Me dari The Cure pada otak.

Baca Juga: Ini yang Dibutuhkan Manula Agar Hidup Bahagia dan Sejahtera

Hasilnya menunjukkan bunyi ‘bip bip’ yang keras mengganggu dan membingungkan aktivitas otak saat bangun tidur. Sementara, bunyi bermelodi membantu otak dan tubuh bertransisi dari kondisi tidur ke bangun dengan cara yang lebih efektif.

Selain memperhatikan pilihan bunyi alarm, ada banyak cara yang bisa membantu Anda untuk bangun lebih pagi. Berikut ini di antaranya seperti mengutip hellosehat.com, Jumat (28/5/2021) :

1. Cobalah tidur lebih awal

Mengatur jam tidur jadi lebih awal, bisa membantu Anda untuk bangun lebih awal. Ini karena tubuh Anda terbiasa dengan jam tidur dan membuat Anda lebih mudah memperoleh tidur yang cukup sekitar 7-8 jam per hari. Jadi, keesokkan harinya Anda dapat bangun lebih mudah dan tidak lagi mengantuk.

2. Hindari ngemil malam-malam

Tidak selalu mengandalkan alarm, supaya Anda bisa bangun pagi, hindari segala hal yang mengganggu tidur pada waktu malam. Sebagai contoh, bermain ponsel atau gadget.

Cahaya biru dari layar ponsel bisa mengganggu kinerja hormon melatonin. Hormon ini bertugas untuk membuat Anda mengantuk sehingga dapat tidur lebih mudah dan lebih nyenyak.

Baca Juga: Tak Mau Terus Dihujat Publik, Felicia Tak Ingin Hubungannya Diperlakukan Seperti Politik

Anda juga harus menghindari minum kopi, alkohol, atau minuman yang berkafein di malam hari karena bisa membuat Anda jadi lebih waspada dan susah untuk memejamkan mata. Begitu juga dengan kebiasaan makan dalam porsi besar malam-malam.

Kebiasaan makan ini bisa memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. Akibatnya, Anda jadi susah tidur karena perut merasa mulas dan dada terasa panas.

3. Lakukan kebiasaan yang membantu Anda tidur nyenyak

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk dapat tidur dengan nyaman. Anda bisa mencoba untuk membaca buku sebelum tidur, mendengarkan musik sambil tidur, atau melakukan terapi relaksasi sebelum tidur.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago