SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemeriksaan hewan ternak. (Antara)

Solopos.com, KARANGANYAR — Petugas di posko pemantauan lalu lintas ternak di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar tidak menemukan mobilitas ternak sapi di jalur perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur tersebut. Posko ini didirikan sejak Kamis (14/7/2022) untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Sampai saat ini belum ada lalu lintas ternak di jalur posko ini, baik yang ke arah Tawangmangu [Jawa Tengah] maupun yang ke arah Magetan [Jawa Timur]” ujar Kasat Binmas Polres Karanganyar, AKP Lukman Tri N, mewakili Kapolres AKBP Danang Kuswoyo, Selasa (19/7/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemantauan lalu lintas ternak yang melewati posko dilakukan selama 24 jam setiap harinya. Dengan tidak adanya temuan, Lukman menilai kesadaran peternak untuk tidak membawa keluar-masuk  ternak ke Karanganyar sudah semakin baik. Pasalnya, mobilitas ternak menjadi salah satu penyebab maraknya persebaran virus PMK.

“Pemantauan kami lakukan terus-menerus. Tetapi sepertinya warga sudah paham sehingga mereka tidak membawa ternak mereka ke mana-mana,” imbuh Lukman.

Baca Juga: Alhamdulillah, Karanganyar Dapat 3.000 Lagi Vaksin PMK

Sebelumnya diberitakan, Polres Karanganyar mendirikan pos untuk memantau lalu lintas ternak di Jalan Tawangmangu-Sarangan yang merupakan perbatasan Karanganyar (Jawa Tengah) dan Jawa Timur.

Kasi Humas Polres Karanganyar AKP Agung Purwoko mewakili Kapolres AKBP Danang Kuswoyo mengatakan, pos yang didirikan dan beroperasi sejak Kamis (14/7/2022) itu untuk mengantisipasi persebaran PMK.

“Selain melakukan pengawasan dan pemantauan ternak langsung di peternakan warga, Polres Karanganyar juga menyiapkan Pos Pantau Lalu Lintas Ternak Operasi Aman Nusa II Candi 2022 di Tawangmangu,” ujarnya, Kamis.

Baca Juga: Polres Karanganyar Dirikan Pos, Lalu Lintas Ternak Tak Bisa Seenaknya

Pelaksanaan pemantauan ternak di pos pantau tersebut juga berkordinasi dengan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Karanganyar dan Kodim 0727/Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya