SOLOPOS.COM - Petugas mengecek kondisi Api Abadi Mrapen.(Istimewa/Pemerintah Kecamatan Godong)

Solopos.com, GROBOGAN -- Api Abadi Mrapen di KabupatenGrobogan, Jawa Tengah, padam. Hal ini menjadi kali pertama dalam sejarah api tersebut padam.

Meski demikian, api tersebut rencananya bakal dinyalakan kembali. Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Energi DInas Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Wilayah Kendeng Selatan, Sinung Sugeng Arianto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Ada beberapa opsi untuk memulihkan sumber api abadi. Tapi memerlukan kajian teknis yang matang," terangnya seperti dikutip dari Detik.com, Sabtu (3/10/2020).

Ekspedisi Mudik 2024

Covid-19 Sukoharjo: Awal Mula Klaster Warung Ayam Goreng di Ngadirejo Kartasura

Sinung menjelaskan ada dua opsi untuk menyalakan kembali Api Abadi Mrapen di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan itu. Salah satunya dengan mencari sumber gas baru di dekat lokasi api. Sebelumnya dijelaskan bahwa api tersebut padam karena kekurangan suplai gas.

Rencana senada disampaikan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Grobogan, Haerudin. Dia mengatakan ada beberapa upaya yang bakal dilakukan untuk menyalakan api itu kembali.

"Tadi saya sudah ke sana meninjau lokasi. Yang paling logis yakni mencari sumber gas baru yang kemudian nanti disalurkan ke titik lokasi Api Abadi Mrapen. Tapi itu teknis banget, perlu kajian dan perhitungan yang matang," katanya.

Yang Tak Boleh Dilakukan Setelah Berhubungan Intim, Nomor 4 Dampaknya Ngeri!

Diberitakan sebelumnya, Api Abadi Mrapen padam sejak 25 September 2020. Sampai saat ini belum diketahui pasti apa yang menyebabkan api tersebut mati.

Tetapi pada 12 September 2020 lalu diketahui ada aktivitas pengeboran yang menyebabkan semburan air setinggi 50 meter. Bahkan terdengar gemuruh dari dalam tanah serta bau gas hidrokarbon saat pengeboran dilakukan.

Meski demikian hal tersebut masih menjadi dugaan awal terkait padamnya api Mrapen di Grobogan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya