SOLOPOS.COM - Tiga calon Rektor UNS, Prof Sajidan (kanan), Prof I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani (tengah) dan Prof Hartono (kiri), menunjukkan hasil undian untuk melakukan paparan strategi di Auditorium GPH Haryo Mataram, Solo, Kamis (27/10/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Dalam waktu sepekan ke depan, tepatnya pada 11 November 2022, kalangan civitas academica UNS Solo akan mengetahui Rektor yang akan menjabat pada periode 2023-2028.

Rektor baru itu akan dipilih oleh Majelis Wali Amanat (MWA) UNS pada Jumat (11/11/2022). Ada tiga calon rektor yang berkompetisi untuk menduduki jabatan pimpinan UNS tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tiga calon rektor tersebut yakni Prof Dr Hartono, Prof Dr I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, dan Prof Dr rer nat Sajidan. Ketiganya sudah diberikan kesempatan untuk menjelaskan strategi untuk mencapai visi misi mereka kepada para panelis, Kamis (27/10/2022) lalu.

MWA UNS akan menggelar rapat pleno dengan agenda pemilihan Rektor UNS pada tanggal 11 November 2022. Sedangkan pelantikan dan pengambilan sumpah Rektor UNS Solo terpilih dijadwalkan pada 10-11 April 2023.

MWA UNS juga sudah memberikan kesempatan kepada masyarakat memberikan masukan terkait para calon rektor untuk menjadi pertimbangan saat Rapat Pleno MWA nanti. Periode penyampaian masukan tersebut baik secara daring atau luring dibuka pada Jumat (21/10/2022) hingga Minggu (23/10/2022).

Baca Juga: Tak Ikut Memilih, Sebagian Mahasiswa UNS Solo Apatis soal Pemilihan Rektor

 “Civitas academica, alumni, dan masyarakat diberi kesempatan untuk memberikan masukan dan tanggapan kepada tiga calon Rektor UNS,” terang Wakil Ketua MWA, Prof Hasan Fauzi, beberapa waktu lalu.

Musyawarah atau Voting

Terkait sistem penilaian, Prof Hasan menjelaskan dalam rapat pleno nanti, anggota MWA terlebih dahulu akan melakukan musyawarah untuk memilih di antara tiga calon rektor UNS Solo. Jika tidak tercapai kesepakatan dari hasil musyarawah, baru kemudian dilakukan pemungutan suara atau voting.

“Kami mengutamakan secara musyawarah musyawarah di rapat pleno. Jika nanti belum bisa ketemu hasilnya baru akan menggunakan sistem voting. Jadi kalau sudah ada hasil dari musyawarah tidak perlu melakukan voting,” jelas Prof Hasan.

Baca Juga: Mahalnya Biaya Kuliah Jadi Bahasan di Diskusi Panel II Calon Rektor UNS Solo

Berdasarkan catatan Solopos.com, saat penyampaian visi-misi masing-masing calon rektor memaparkan strateginya beserta keunggulan visi dan misi tersebut. Dimulai dari Prof Dr Sajidan yang memiliki visi Edu Flagship untuk membawa UNS meraih prestasi dunia mendasarkan nilai-nilai Pancasila.

Lalu Prof Dr I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani dengan visinya mewujudkan UNS sebagai universitas bereputasi internasional berbasis good university governance, penguatan ekonomi dan kepemimpinan kolegal yang progresif.

Terakhir Prof Dr Hartono membawa visi untuk menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai luhur dan budaya nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya