SOLOPOS.COM - Plh Wali Kota Solo Teguh Prakosa bersama Dandim 0735/Solo Letkol (Inf) Devy Kristiono di Balai Kota Solo, Senin (6/6/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, selama lima hari terakhir menjalankan tugas sebagai Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Solo lantaran Gibran Rakabuming Raka pergi ke Paris, Prancis, untuk membuka pameran produk UMKM.

Teguh resmi menjabat Plh Wali Kota sejak Minggu (5/6/2022). Gibran memimpin rombongan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Solo untuk melakukan pameran berbagai produk kreatif unggulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut berada di Paris sekitar tujuh hari. Ia dijadwalkan pulang ke Solo pada Jumat (10/6/2022) ini.

Diwawancarai wartawan, Teguh mengaku sebenarnya tak ada perbedaaan signifikan dalam aktivitas atau tugas-tugasnya sehari-hari baik sebagai wakil wali kota maupun Plh wali kota. “Oh ndak ada, pekerjaannya kan pada wae. Ndak ada bedanya, nyambut gawene padha,” ujarnya, Rabu (8/6/2022).

Politikus PDIP itu kemudian bercerita ihwal tugas-tugas yang dijalani selama menjadi Plh Wali Kota Solo beberapa hari terakhir. “Dadi wakil kalau diberi tugas kan harus laporan, sekarang ditempleki Plh itu laporane harus rigid,” tuturnya.

Baca Juga: Tampil Muda, Teguh Pakai Sneakers Di Hari Ke-1 Jadi Plh Wali Kota Solo

Laporan Lebih Mendetail

Laporan rigid yang dimaksud Teguh yaitu mendetail, seperti apa yang dilakukan, serta apa yang disampaikan ketika dalam tugas. Selain itu yang mendasar, menurut Teguh, dirinya tidak boleh mengambil atau membuat kebijakan Pemkot Solo.

“Tidak ada kebijakan. Jadi hanya melakukan tugas-tugas harian yang sudah ada, dan yang baru berjalan. Semua kebijakan, oh ini keputusan apa, ini-ini, nah semuanya harus Pak Wali Kota [Gibran Rakabuming Raka],” terangnya.

Ditanya apakah ada tambahan kewenangan yang diperoleh selama berstatus sebagai Plh Wali Kota Solo, Teguh menyatakan tak ada. “Eh ndak ada, ndak ada. Ora ana, kaya apa wae,” ujarnya sembari tersenyum mengakhiri perbincangan.

Baca Juga: Segini Harga Sneakers Teguh Prakosa Saat Jadi Plh Wali Kota Solo

Diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Solo, Dwi Ariyatno, menjelaskan tugas Plh meliputi rutinitas harian di luar pengambilan kebijakan.

Sementara itu, saat menjadi Plh Wali Kota Solo, Teguh sempat menjadi perhatian publik atau warganet. Sebab pada Senin (6/6/2022) dia tampil trendi dan muda dengan memakai sneakers yang selama ini lekat dengan kaum milenial.

Teguh yang berusia 63 tahun tampak percaya diri mengenakan sneakers warna hitam dengan sol dan tali sepatu berwarna putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya