SOLOPOS.COM - Yamaha R3 (Yamahamotor.co.jp)

Sepeda motor Yamaha di AS terkena recall akibat komponen setang retak.

Solopos.com, KALIFORNIA – Kabar kurang sedap datang dari sepeda motor Yamaha R3 rakitan Indonesia yang beredar di Amerika Serikat (AS). Motor sport fairing itu harus ditarik (recall) karena terjadi cacat produksi pada sektor steering.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti dilansir laman Motorcyclist, Rabu (7/10/2015), perintah penarikan sepeda motor Yamaha R3 itu diumumkan oleh Badan Keselamatan Lalu Lintas Nasional AS (NHTSA).  Permasalahan terjadi pada komponen handle crown alias segitiga atas pada setang yang retak.

Akibat keretakan itu, setang berisiko patah jika sepeda motor Yamaha R3 digunakan untuk melaju di jalanan bergelombang. Jika hal itu terjadi, besar kemungkinan akan terjadi kecelakaan akibat pengendara kehilangan kendali (lost steer) atas motornya.

Berdasarkan laporan yang diterima NHTSA sejak 23 September 2015 hingga saat ini, ada 16 unit Yamaha R3 yang mengalami masalah pada handle crown. Semua unit yang ditarik diketahui diproduksi pada 1 Januari-15 Agustus 2015.

Terkait pengumuman recall itu, Yamaha AS telah menghubungi konsumennya pemilik Yamaha R3 untuk datang ke diler terdekat supaya motornya diperiksa. Jika terjadi cacat produk pada handle crown, maka komponen itu akan diganti tanpa dikenai biaya.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku pengekspor Yamaha R3 ke AS juga membenarkan berita recall sepeda motor itu. Nantinya, YIMM akan segera mengirim sejumlah handle crown baru untuk mengganti komponen yang bermasalah itu.

“Iya benar saya sudah dapat kabarnya. Kami akan perbaiki, di pengumuman kan sudah tertulis kalau Yamaha akan menggantinya. Ya itu dari Indonesia,” ungkap Assistant GM Marketing YIMM, M Masykur sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Detik.

Kendati demikian Masykur tidak mengatakan apapun tentang Yamaha R25 yang beredar di Indonesia. Padahal sepeda motor Yamaha R25 dan R3 memiliki desain dan komponen identik kecuali pada bagian  mesin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya