SOLOPOS.COM - Gesits, skutik listrik karya Garansindo dan ITS Surabaya. (Instagram.com)

Sepeda motor nasional Gesits diluncurkan prototipenya.

Solopos.com, SURABAYA – Setahun dikembangkan, prototipe sepeda motor nasional karya mahasiswa ITS Surabaya dan PT Garansindo akhirnya diluncurkan. Kendaraan jenis skuter matik (skutik) bertenaga listrik itu mengusung nama Gesits.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nama Gesits merupakan kependekan dari Garansindo Electrical Scooter ITS. Tetapi seperti namanya, diharapkan sepeda motor nasional tersebut dapat menjadi kendaraan yang lincah dan gesit membelah semua medan jalanan di Tanah Air.

Sedikit berbeda dari bocoran yang sempat beredar, tampilan final skutik Gesits terasa agresif berkat kombinasi warna hitam doff  dengan tebeng dan lampu utama berbentuk mirip kepala hiu. Aura kekar juga terpancar dari lekukan bodi serta ukuran kaki-kakinya. Sedangkan LED pada lampu sein menambah kesan futuristik.

Gesits, skutik listrik karya Garansindo dan ITS Surabaya. (Detik.com)

Gesits, skutik listrik karya Garansindo dan ITS Surabaya. (Detik.com)

Di sektor jantung mekanis, Gesits mengusung motor listrik yang diklaim bertenaga setara skutik bermesin bensin 110 cc. Mesin itu dikawinkan dengan baterai berkapasitas 1.980 Wh yang mampu dibawa menempuh jarak 100 km untuk sekali charge.

Menristek Dikti Muhammad Nasir dalam peluncuran Gesits di kampus ITS Surabaya, Jawa Timur, mengatakan sepeda motor ramah lingkungan itu harus bisa dijual ke masyarakat secepatnya.

“Target 2017 harus komersialisasi. Tadi Garansindo bilang harga motor listrik ITS ini bisa di bawah Rp20 juta,” ungkap Nasir seperti dilansir laman Detik, Selasa (3/5/2016).

Sementara dilaporkan laman Jackbiker, M Nur Yuniarto selaku pimpinan proyek Gesits mengaku menyambut baik semangat Menristek. Tetapi menurutnya Gesits masih harus menjalani pengujian lebih ketat sebelum benar-benar diproduksi massal.

Nur menambahkan nyaris semua komponen yang digunakan dalam prototipe sepeda motor nasional Gesits adalah buatan lokal. Satu komponen yang masih harus diimpor adalah baterai.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya