SOLOPOS.COM - Prototipe Gesits karya PT Garansindo dan ITS Surabaya. (Liputan6.com)

Sepeda motor nasional Gesits desainnya disebut-sebut mirip skutik Honda.

Solopos.com, JAKARTA – Sepeda motor nasional bertenaga listrik, Gesits yang dijadwalkan diproduksi massal 2017 mendatang oleh sejumlah pihak desainnya dinilai memiliki kemiripan dengan skuter matik (skutik) Honda Vario 150.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Terkait anggapan tersebut, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Margono Tanuwidjaja mengaku tidak mempermasalahkannya. Menurutnya hal itu justru membuat persaingan di bursa motor Tanah Air semakin menarik.

“Kami enggak masalah [bentuk bodi mirip Vario]. Di dalam bisnis pasti ada baik atau buruknya, sudah hal umum seperti itu,” ungkap Margono seperti dilansir laman Liputan6, Senin (16/5/2016).

Margono hanya memberi masukan supaya pengembangan Gesits dilakukan dengan matang betul. Seperti memerhatikan kebutuhan konsumen, karakter cuaca, dan medan di Indonesia, serta yang terpenting adalah daya tahan baterai.

Sementara dosen ITS Surabaya yang terlibat dalam proyek Gesits, M Nur Yuniarto ketika dijumpai di tempat terpisah tidak menampik hal tersebut. Memang skutik listrik itu desainnya dibuat berdasarkan bentuk sepeda motor yang populer di masyarakat.

“Untuk desain, anak-anak [mahasiswa ITS] melihat dari yang ada di pasaran saat ini dan yang disukai orang Indonesia. Kami memang belum uji jalan karena kemarin baru melihat integrasi sistem, bodi, dengan kelistrikan,” papar Nur sebagaimana dikutip Solopos.com dari Detik.com.

Bukan hanya desain, Nur juga mengatakan ada beberapa hal lain pada sepeda motor nasional Gesits yang mengambil inspirasi dari sepeda motor lain. Termasuk urusan teknologi yang mengadopsi milik Italjet dari Italia dan Zero Motorcycle dari Amerika Serikat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya