SOLOPOS.COM - Sejumlah wisatawan domestik tengah berlibur di objek wisata Lembah Asri, Kabupaten Purbalingga, Jateng. (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, PURBALINGGA — Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memang menjadi salah satu destinasi favorit wisata dalam negeri. Terbukti, sepanjang tahun 2022 ini sudah ada sekitar 26 juta wisatawan nusantara atau domestik yang menjadikan Jateng sebagai destinasi wisata atau untuk menghabiskan masa liburan.

Jumlah kunjungan wisatawan domestik mencapai 26 juta orang ini pun telah melampaui target yang dicanangkan. Pada tahun 2022, Jateng sebenarnya hanya menargetkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara mencapai 11 juta orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Setyo Irawan, menyebut meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan di Jateng ini tak terlepas dari komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng dalam mengembangkan sektor sportourism, desa wisata, dan berbagai event wisata serta pengembangan destinasi.

Total sepanjang tahun iniada 121 ajang sportourism yang digelar di Jateng. Dari ratusan ajang itu, dua di antaranya tergolong besar yakni Tour de Borobudur dan Borobudur Marathon yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

“Target wisatawan nusantara 2022 di Jateng sebesar 11 juta orang. Sampai Agustus itu sudah lebihi target yakni 26 juta untuk wisnus [wisatawan nusantara]. Tentu ini sebuah prestasi tersendiri setelah Covid-19,” ujarnya saat pertemuan Forum Komunikasi Desa Wisata di D’Las, Desa Serang, Kabupaten Purbalingga, Sabtu (1/10/2022).

Baca juga: 131 Desa Wisata di Jateng Peroleh Bantuan Rp18,5 Miliar, Ini Perinciannya

Setyo menyebut, meskipun target telah dicapai tidak lantas Pemprov Jateng bersantai. Pemerintah tetap menarget jumlah kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi, seperti Borobudur, Dieng, Solo, Sangiran, Karimunjawa dan beberapa tempat lain.

“Minat wisatawan ke Jateng untuk pariwisata tinggi, sekalian kita genjot bisa melebihi atau minimal sama sebelum pandemi itu sekitar 49 juta. Untuk mengejar 13 juta di 2022 harapannya bisa atau sama seperti sebelum pandemi,” paparnya.

Di Jateng saat ini ada sekitar 1.235 destinasi wisata. Selain itu, ada sekitar 818 desa wisata. Oleh karena itu, Pemprov Jateng giat melakukan penguatan. Di antaranya pemberian bantuan gubernur, untuk desa yang telah diverifikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya