[x] close
Seorang Pemudik di Kudus Positif Covid-19 Saat Tes Cepat
Solopos.com|jateng

Seorang Pemudik di Kudus Positif Covid-19 Saat Tes Cepat

Seorang perantau dari Kalimantan yang mudik ke Kudus menunjukkan kedapatan positif saat tes cepat antigen.

Solopos.com, KUDUS -- Seorang perantau dari Kalimantan yang mudik ke Kudus menunjukkan kedapatan positif saat tes cepat antigen. Pemudik mengikuti  tindak lanjut berupa tes usap, untuk memastikan yang bersangkutan terpapar Covid-19 atau tidak.

Mengutip Antara, Minggu (9/5/2021), pemudik tersebut yang merupakan warga Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Kudus, saat pulang pada pekan ini memang memiliki gejala meriang dan demam.

Kepala Desa Gulang Aris Subhkan di Kudus mengatakan pemudik diminta tes cepat antigen hari ini dengan hasilnya diketahui positif, kemudian ditindaklanjuti dengan tes usap.

Baca Juga : Polisi Temukan Luka di Alat Kelamin Cewek ABG Kudus yang Tewas di Dapur

Saat ini, pemudik isolasi mandiri di rumah sambil menunggu hasil tes usap. Jika hasilnya positif dan perlu perawatan akan ditindaklanjuti dengan perawatan di fasilitas kesehatan, sebaliknya jika negatif akan diminta isolasi mandiri.

Pemerintah desa, kata dia, juga akan membantu kebutuhan pokok selama yang bersangkutan menjalani isolasi mandiri. Hingga saat ini, imbuhnya, sudah ada lima pemudik pulang ke Desa Gulang, namun dari hasil tes cepat antigen empat di antaranya negatif dan satu positif.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Badai Ismoyo, menegaskan bahwa belum ada laporan pemudik yang dinyatakan positif Covid-19. Kasus di Desa Gulang merupakan hasil penelusuran kontak erat.

Baca Juga : Satai Kudus, Wujud Toleransi Beragama Kota Kretek

"Kalaupun ada temuan kasus dan tanpa gejala, sudah disiapkan tempat isolasi di rumah susun sederhana sewa [rusunawa] Bakalan Krapyak dan asrama di RSUD Loekmono Hadi Kudus," ujarnya.

Hingga saat ini, kata dia, belum ada pemudik isolasi di rusunawa, sedangkan tim medis yang disiapkan setiap sif ada tiga orang, satu di antaranya dokter. Oleh karena belum ada yang menjalani isolasi, maka di tempat itu belum ada petugas.


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago