SOLOPOS.COM - Ciri-ciri keaslian petugas Sensus Ekonomi 2016. (Facebook.com-MIK Semar)

Sensus Ekonomi 2016, mitra sensus di Klaten mencapai 1.730 orang.

Solopos.com, KLATEN–Badan Pusat Statistik (BPS) Klaten segera melunasi honor mitra sensus ekonomi kurang lebih Rp5,1 miliar pertengahan Juni. Total mitra sensus ekonomi di Kabupaten Bersinar mencapai 1.730 orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, mitra sensus BPS terdiri atas 1.247 petugas pencacah lapangan dan 483 petugas pemeriksa lapangan. Mitra sensus ekonomi tersebut bekerja selama 1 Mei-31 Mei 2016. Honor yang diperoleh masing-masing petugas pencacah senilai Rp2,8 juta. Sedangkan, rata-rata honor setiap petugas pemeriksa atau pengawas senilai Rp3,2 juta.

“Di pekan pertama Mei 2016, kami sudah memberikan honor masing-masing Rp400.000 per mitra sensus ekonomi [total uang muka yang dibayarkan BPS ke mitra sensus senilai Rp692 juta]. Total honor yang harus diserahkan Rp5,1 miliar. Sedangkan, kekurangannya senilai Rp4,4 miliar. Kekurangannya itu segera cair dalam waktu dekat. Paling tidak sebelum Lebaran atau paling lambat akhir Juni,” kata Kepala BPS Klaten, Ahmad Isbani, saat ditemui wartawan di kantornya, Rabu (8/6/2016).

Ahmad Isbani mengatakan pencairan honor mitra sensus itu dilakukan melalui kantor pos. Pencairan melalui kantor pos dinilai dapat mempermudah pengambilan honor di masing-masing daerah.

“Kalau pencairannya di sini secara konvensional, otomatis akan ramai. Di samping itu berpotensi tidak aman. Makanya, perlu menggandeng kantor pos,” katanya.

Disinggung tentang hasil sensus ekonomi Mei 2016, Ahmad Isbani, mengatakan masih dalam pengolahan data. Nantinya, data hasil sensus ekonomi yang terdiri atas 3.140 blok sensus di Klaten bakal dilaporkan ke BPS provinsi dan BPS pusat.

“Setelah dicek, data dilaporkan secara linier. Saat ini, belum bisa dibuka hasil sensusnya. Kalau semua data sudah diolah, hasil sensus ini bisa dibuka untuk umum. Pemerintah atau masyarakat umum bisa mengakses data itu sebagai petunjuk di bidang ekonomi. Hal itu termasuk usaha online di Klaten,” katanya.

Sebelumnya, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Setda Klaten, Purwanto Anggono Cipto, mendukung penuh pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016. Hasil sensus sangat diharapkan guna pengembangan pembangunan di Kabupaten Bersinar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya