Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Senjata Jepang di Perang Dunia II, dari Pistol Hingga Senapan Mesin

Pistol type 26 merupakan pistol modern pertama dan merupakan salah satu senjata Jepang di Perang Dunia II.
SHARE
Senjata Jepang di Perang Dunia II, dari Pistol Hingga Senapan Mesin
SOLOPOS.COM - Type 92 Heavy Machine Gun salah satu senjata Jepang di Perang Dunia II. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Jepang adalah salah satu negara yang pasukannya terlibat dalam Perang Dunia II. Dikenal sebagai pasukan pemberani, ini senjata Jepang di Derang Dunia II.

Militer Jepang dikutip dari berbagai sumber salah satunya dari Wikimedia, terkenal sangat loyal pada negaranya, mereka rela mengorbankan nyawa dalam pertempuran.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Namun kehebatan tentara Jepang dalam Perang Dunia II harus terhenti ketika Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Nagasaki dan Hirosima.

Kendati demikian ada sejumlah senjata yang digunakan pasukan infantri Jepang pada Perang Dunia II yang merupakan produksi negara tersebut.

Seiring revolusi militer yang dilakukan kekaisaran Jepang pada 1920-an, senjata untuk pasukan infantri mulai dari pistol hingga senapan mesin diproduksi secara masal.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 4 Agustus 194 Inggris Deklarasi Perang ke Jerman

Pistol

Pistol type 26 merupakan pistol modern pertama dan merupakan salah satu senjata Jepang di Perang Dunia II. Pistol ini diproduksi pada 1893 dengan enam peluru.

Senjata Jepang di Perang Dunia II
Nambu Pistol (Wikimedia.org)

Nambu adalah pistol semi otomatis pertama Jepang yang mulai digunakan sejak 1906. ukuran kaliber 8mm dan daya jangkau efektif sejauh 20 meter.

Kemudian pistol type 94 semi otomatis dengan berat hanya 1 pound, 11 ounce diproduksi 1934 memiliki firing power serta akurasi yang cukup baik.

Rifles/Carbine

Arisaka tipe 99 senjata jenis senapan ini cukup populer selama masa Perang Dunia II yang digunakan secara luas oleh miliyer jepang sebagai senapan standar.
Kemudian Arisaka type 97 adalah senapan andalan sniper jepang yang mematikan dilengkapi 2.5 power telescopic sight. Mulai diproduksi tahun 1937.

Senjata Jepang di Perang Dunia II
Arisaka Type 97 (Cruff;er.com)

Baca juga: Penjara Dirudal, Puluhan Tahanan Ukraina Tewas Seketika

Submachine guns & light machine guns

Kendati dianggap terlambat menggunakan sub machine guns untuk senjata Jepang di Perang Dunia II, namun cukup ampuh karena mampu menembakan 800 peluru per menit.

Senjata Jepang di Perang Dunia II
Type96 Machine Gun (Machinegunbrokers.com)

Ada juga type 96 light machine gun yang merupakan penyempurnaan dari pendahulunya. Senjata ini menembakan 550 peluru per menit dengan velocity atau kecepatan 735 meter per detik.

Heavy Machine gun

Senjata Jepang di Perang Dunia II
Heavy Machine Gun (Wikimedia.org)

Type 92 adalah heavy machine gun yang digunakan militer Jepang sejak 1932. Penggunaan senjata ini diletakan di atas tripod, dioperasikan oleh tiga orang kru.

Mampu memuntahkan 450 peluru dalam satu menit dengan velocity 732 meter per detik, dengan jangkauan maksimal 2,5 km dan jarak efektif penembakan 800 meter.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode