SOLOPOS.COM - Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas). (infopublik)

Solopos.com, KARANGANYAR — Obor Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) 2022 akan tiba di Kabupaten Karanganyar, Senin (31/1/2022). Rencananya, siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) di Karanganyar akan menyambut obor tersebut dengan pentas seni.

Pesonas merupakan kompetisi olahraga bagi atlet-atlet bertalenta khusus atau tunagrahita dari seluruh Indonesia. Kejuaraan ini diselenggarakan oleh Special Olympics Nasional (Soina), organisasi yang melayani anak bertalenta khusus (disabilitas intelektual) agar dapat menggali potensi di bidang olahraga maupun nonolahraga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anggota Seksi Pementasan dalam penerimaan obor Pesonas Karanganyar, Rusyanto, mengatakan obor tersebut akan singgah di Karanganyar hingga Jumat (4/2/2022). “Dari Sragen, obor akan disinggahkan di Karanganyar mulai Senin hingga Jumat,” ujarnya saat ditemui di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Karanganyar, Jumat (28/1/2022).

Baca Juga: Ibu-Ibu Krisajo Ajari Difabel di Madiun Bikin Tas dari Plastik

Menurut Rusyanto yang juga guru di SLBN Karanganyar, selama obor di Karanganyar akan digelar beragam kegiatan di antaranya pentas seni, senam siswa-siswa SLB dengan para pendamping, parenting, dan pelepasan/pemberangkatan.

“Hari Senin penerimaan obor dilanjutkan dengan pentas seni dan pameran hasil karya. Tempatnya nanti di Rumah Dinas Bupati atau di Rumah Dinas Wakil Bupati. Kemudian Selasa [1/2/2022] tidak ada acara karena libur Tahun Baru Imlek. Rabu [2/2/2022] ada senam bersama di Alun-Alun Karanganyar, Kamis [3/2/2022] ada parenting, dan Jumat pelepasan obor,” ujar Rusyanto mewakili Ketua Seksi Pementasan, Farida Yuliati.

Sementara itu, SLBN Karanganyar sendiri berencana menampilkan Tari Kidung Nusantara yang akan dipentaskan anak-anak down syndrome. Saat ini para siswa terus berlatih untuk memaksimalkan penampilan mereka.

Baca Juga: Kaum Difabel Soloraya Dilatih Digitalisasi Usaha

“Melalui tari ini kami ingin menyuarakan kebhinekaan dan menggugah cinta Tanah Air,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya