SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Nguri-uri budaya Jawi. Itulah yang menjadi latar belakang Paguyuban Putra Putri Solo (PPPS) menghelat pertunjukan Sendratari Ramayana dengan lakon Anoman Obong di Teater Terbuka Taman Balekambang, Sabtu (4/5/2013) mulai pukul 19.00 WIB.

Tak mau mata rantai pelestarian seni tradisi berhenti di satu titik, PPPS juga melibatkan sekitar 36 pelajar SMP dan SMA asal Kota Bengawan. Proyek kolaborasi muda-mudi ini bertujuan memberikan ruang apresiasi bagi sejumlah pelajar yang memiliki minat dan bakat di bidang seni pertunjukan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pada pergelaran ini, tokoh utama Sinta diperankan Putri Solo III 2012, Monika Agesti VS. Karakter Rama diperankan Putra Solo II 2012, Atiyanta Henggar. Putri Solo 2012, Ratih Kusuma Dewi, kebagian peran sebagai Trijatha. Sedangkan Finalis Putra Solo 2011, Rizal Kris, berperan sebagai Jatayu.

Ekspedisi Mudik 2024

Para pelajar SMP dan SMA dari 15 sekolah di Solo yang digandeng pada pertunjukan ini, sebelumnya sudah berkecimpung di dunia tari. Mereka kebagian peran pendukung lain seperti karakter kidang dan bedhaya.

Public Relation Sendratari Ramayana Anoman Obong, Eri Dwi Cahyono, kepada wartawan di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Kamis (2/5/2013) siang, mengatakan persiapan untuk pentas kolaborasi ini memakan waktu satu bulan.

“Proses latihannya dibantu penari dari GWO [Gedung Wayang Orang] Sriwedari. Pelatih utama yang juga berperan sebagai koordinator casting, Ibu Iyeng dari GWO. Sebelumnya bakat dan karakter kami dilihat lalu ditentukan karakter yang cocok dengan peran masing-masing,” katanya.

Kepala Disbudpar Solo, Widdi Srihanto, kepada wartawan, mengemukakan pihaknya memberikan dukungan penuh pada penyelenggaraan acara ini. “Kami ingin memaksimalkan potensi yang dimiliki PPS dan pelajar di Kota Solo. Karena mereka ini garda terdepan kami di bidang pariwisata. Kita bisa sekalian promosi Kota Solo lewat acara seperti ini,” ujarnya.

Penyelenggaraan Sendratari Ramayana merupakan rangkaian acara Solo Camp Fest Adore 2013. Kegiatan yang diprakarsai PPS 2012 ini merupakan bentuk promosi parwisata Kota Solo dengan peserta Duta Wisata se-Jawa Tengah dan masyarakat umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya