SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo mengunjungi lapak pedagang kaki lima di Pasar Gemolong, Sragen, Rabu (5/1/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Presiden Joko Widodo menyempatkan menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Pasar Gemolong, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, dalam rangkaian kunjungan kerja ke Kabupaten Grobogan dan Blora, Rabu (5/1/2022).

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Presiden Joko Widodo akrab disapa Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Grobogan untuk meninjau vaksinasi Covid-19. Selain itu, Presiden Jokowi juga dijadwalan ke Blora untuk meresmikan Bendungan Randugunting.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Di sisi lain, PKL yang menerima bantuan telah bersiap di lapak sementara masing-masing pukul 07.00 WIB. Ada 20 pedagang yang disiapkan untuk menerima BLT PKL secara simbolis dari Presiden Jokowi.

Baca Juga : PKL Pasar Gemolong Sampaikan Ini saat Mendadak Bertemu Presiden Jokowi

Presiden Jokowi tiba di Pasar Gemolong pukul 09.00 WIB. Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mochamad Basoeki Hadimoeljono dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Presiden menyapa warga yang telah menunggu kemudian menuju lapak PKL untuk menyerahkan bantuan Rp1,2 kepada 20 pedagang. Presiden juga memberikan semangat kepada para bakul.

Presiden Jokowi juga malayani sejumlah warga yang mengangkat tangan meminta foto bersama. Tak hanya itu, mantan Wali Kota Solo itu juga sempat membagikan kaos dari dalam mobil sebelum melanjutkan perjalanan.

Baca Juga : Pemerintah China Tangkap 24 Pejabat Keuangan Terkait Dugaan Korupsi

“Alhamdulillah senang sekali. Dalam mimpi enggak kebayang bisa bertemu Presiden,” kata salah satu PKL yang menerima bantuan, Tugiyem, 42.

Dia menjelaskan mendapatkan informasi mendadak bahwa akan menerima bantuan dari Presiden Jokowi Selasa (4/1/2022) malam. Oleh karena itu dia harus melakukan tes swab. Dia juga diminta menyiapkan lapak Rabu (5/1/2022) pukul 06.30 WIB.

Pedagang gorengan, Sukinem, 46, mengatakan sampai tidak bisa tidur setelah dipilih menjadi salah satu pedagang yang akan bertemu langsung dengan Presiden Jokowi. Ia menerima informasi akan bertemu Presiden Jokowi sejak Selasa malam. Rabu pagi, dia mengaku deg-degan menanti Presiden Jokowi.

Baca Juga : Presiden Jokowi Serahkan Bantuan PKL Gemolong Sragen, Ini Foto-Fotonya

Kepala Dinkop UKM Perindag Sragen, Cosmos Edhi Yunanto, menjelaskan 125 PKL di Pasar Gemolong mendapatkan BLT Rp1,2 juta per PKL. Tetapi, Presiden Jokowi hanya menyerahkan langsung kepada 20 perwakilan PKL.

Selain itu, pedagang juga menerima paket sembako. Ada 250 paket sembako yang diberikan kepada PKL. “Ini mendadak. [Selasa] malam ada informasi dan kami diminta mendata pedagang kaki lima di Pasar Gemolong,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya