Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Sempat Vakum, Pameran Fotografi Ujian Akhir Semester di UNS Solo Digelar Lagi

Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2021 UNS Solo menggelar pameran fotografi bertajuk Documentary Komunikaxxi pada Senin-Rabu (5-7/12/2022).
SHARE
Sempat Vakum, Pameran Fotografi Ujian Akhir Semester di UNS Solo Digelar Lagi
SOLOPOS.COM - Salah satu pengunjung di stand foto pameran pada Senin (5/12/22). (Solopos/Dokumentasi Pribadi)

Solopos.com, SOLO – Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2021 Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo menggelar pameran fotografi bertajuk Documentary Komunikaxxi selama tiga hari di Public Space 3 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNS pada Senin-Rabu (5-7/12/2022).

Pameran yang dimulai pada Senin (5/12/2022) itu terbuka untuk umum. Pameran tersebut dibuka oleh asisten dosen mata kuliah Fotografi Izzam Lare Traviata dan Ketua Program Studi (Prodi) S1 Ilmu Komunikasi Sri Hastjarjo.

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

Ketua pelaksana pameran, Fatimah Az Zahra, menyampaikan harapan pameran tersebut bisa menginspirasi teman-teman lain. “Saya berharap dengan adanya pameran Documentary Komunikaxxi dapat menginspriasi teman-teman. Untuk panitia, semoga acara ini bisa menjadi tempat belajar hal baru dan cerita indah di masa perkuliahan. Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi,” ujarnya saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (7/12/2022).

Fatimah mengungkapkan pameran fotografi yang merupakan bentuk ujian akhir semester mata kuliah fotografi ini sempat vakum pada 2016. Pameran fotografii baru terlaksana kembali tahun 2022.

“Tidak hanya sebagai penugasan, pameran ini juga bertujuan mengapresiasi karya fotografi dari mahasiswa Ilmu Komunikasi 2021. Sekaligus mengenalkan karya-karya mereka kepada khalayak umum,” ujar dia.

Baca Juga : 3 Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS Solo Juara Lomba Creative Idea Fest 2022

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Pameran kali itu menampilkan 38 foto dan melibatkan 103 mahasiswa. Ada berbagai jenis foto yang ditampilkan, seperti entertaining, straight news, feature news, dan foto story. Sebanyak 38 foto yang ditampilkan meliputi 19 foto tunggal, 4 foto produk, dan 3 set foto story terdiri dari 15 foto yang dirangkum dari hasil perburuan mahasiswa Ilmu Komunikasi selama satu semester.

“Untuk menarik minat pengunjung, acara ini juga diramaikan dengan foto challenge. Sehingga, selain menikmati karya, pengunjung juga bisa mengikuti challenge berhadiah. Syaratnya mereka hanya perlu berfoto di lokasi pameran dan mengunggahnya ke instastory masing-masing dengan menyebut @komunikaxxi,” ungkapnya.

Acara yang dipersiapkan selama dua pekan ini tidak hanya menampilkan pameran fotografi, tetapi juga diselingi talkshow dengan topik Photo Product yang dilaksanakan pada Selasa (6/12/2022) di Ruang Seminar FISIP UNS. Talkshow menghadirkan pembicara ahli di bidang fotografi yakni Ade Rizal Avianto. Dia seorang Fotografer Profesional.

Kilas Balik 2022 - Emagz Solopos

“Talkshow ini bertujuan memberikan ilmu baru bagi mahasiswa FISIP UNS,” tuturnya.

Hari terakhir pameran, Rabu (7/12/2022), grand closing dari pameran fotografi Documentary Komunikaxxi dimeriahkan live music dan awarding karya terfavorit. Karya-karya tersebut, tutur Fatimah, sudah dikuratori dosen fotografi Christian Widi Nugraha dan asisten dosen Izzam Lare Traviata.

Baca Juga : Jawab Tantangan Digitalisasi Media, UNS TV Hadirkan Beragam Program Baru

Salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi, Priska Bianita, mengatakan lebih menyukai ujian akhir semester yang berbentuk pameran. Dia beralasan ujian akhir dalam bentuk pameran lebih seru dan berbeda.

“Untuk persiapan fotonya sudah lama [satu semester]. Setelah itu ada proses kurasi juga dan nggak semua foto hasil hunting dimasukkan waktu pameran,” katanya.

Konten ini merupakan user generated content atau UGC kiriman dari Novema Kumalasari, .


Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode