SOLOPOS.COM - Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, saat diwawancarai wartawan seusai kegiatan penanaman pohon di Sungai Bengawan Solo dalam rangka HUT PDIP dan ulang tahun Megawati Soekarnoputri, Minggu (23/1/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengakui pembangunan gedung empat lantai Kantor DPC di Brengosan, Purwosari, Laweyan, Solo, yang dimulai pada November 2021 lalu sempat terhenti.

Namun demikian, Rudy, sapaan akrabnya, optimistis gedung kantor baru namun di tempat lama itu akan bisa selesai pada tahun ini. Setelah itu, Kantor baru DPC PDIP Solo akan diresmikan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Niki sampun mulai dindinge. Tahun niki rampung. [Peresmian] Nanti Bu Mega, secara virtual,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di rumahnya, Kamis (25/8/2022).

Meski peresmian gedung akan dilakukan secara virtual, Rudy mengatakan prasasti kantor baru DPC PDIP Solo akan ditandatangani langsung oleh Megawati. Dia tak menampik pembangunan kantor baru itu sempat mandek.

Ekspedisi Mudik 2024

Hal itu karena kontraktor mengerjakan garapan di tempat lain. “Soale kan sing garap niku kedah garap neng ngendi-ngendi ta. Lah sik teng mriko sampun diresmike, niki [Kantor DPC PDIP Solo] sampun mulai malih,” urainya.

Baca Juga: Dikabarkan bakal Diangkat Jadi Menteri PAN dan RB, Ini Jawaban Rudy PDIP Solo

Ihwal sumber dana pembangunan, menurut Rudy, bersumber dari gotong royong. Mulai dari sumbangan kader, pengurus anak ranting, pengurus ranting, dan fraksi PDIP.

“Uangnya dari gotong royong semua. Lah kula angger konsolidasi, do urunan. Ranting-ranting, pengurus anak ranting, pengurus ranting, kader-kader,” katanya.

Disinggung apakah PDIP juga meminta sumbangan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pembangunan gedung kantor baru DPC PDIP Solo, Rudy menampiknya. Menurutnya, DPC tidak berani sampai meminta sumbangan atau bantuan dari Presiden.

Baca Juga: Jokowi Sudah Kantongi Nama Pengganti Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo

Peletakan Batu Pertama

“Oh ndak berani sampai sana,” ungkapnya. Rudy kemudian menunjukkan video progres pembangunan gedung tersebut. Di video itu terlihat dinding atau tembok bangunan sudah berdiri. “Kemarin mandek ya menyelesaikan yang mau diresmikan dulu. Iki wes ditembok,” terang Rudy.

Berdasarkan catatan Solopos.com, groundbreaking atau peletakan batu pertama dimulainya pembangunan gedung Kantor DPC PDIP dilakukan pada Minggu (21/11/2021). Peletakan batu pertama dilakukan oleh anggota Fraksi PDIP DPR RI. Aria Bima.

Acara itu dihadiri pula oleh Rudy serta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Saat itu Rudy menyatakan Kantor DPC PDIP Solo sudah berusia 40 tahun karena dibangun saat era Yusran Badres.

Baca Juga: Matang Pengalaman, Rudy Eks Wali Kota Solo Dinilai Layak Jadi Menteri PAN-RB

Dia mengaku mempunyai ide membangun ulang Kantor DPC PDIP Solo karena kondisinya yang sudah tua dan membahayakan.

Rudy lantas mengutarakan ide tersebut kepada Aria Bima, dan ternyata mendapatkan sambutan positif. Aria Bima bahkan kemudian ditetapkan sebagai Ketua Panitia Pembangunan Kantor DPC PDIP Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya