SOLOPOS.COM - Jane Shalimar. (Detik)

Solopos.com, SOLO--Memiliki komorbid asma dan sempat kritis, kondisi Jane Shalimar sekarang dikabarkan telah sadar. Artis yang beralih profesi menjadi politikus itu sekarang dikabarkan telah mendapat tempat tidur pasien.

Karena punya komorbid asma itulah, Jane Shalimar sempat memburuk. Meski sudah ditangani, ibu satu tersebut saat ini masih berada di UGD Rumah Sakit JMC, Mampang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Aku komunikasi sama adiknya. Alhamdulillah sudah sadar, tapi belum bisa komunikasi. Sudah sadar Alhamdulillah, tapi belum bisa bicara. Kita usahakanlah ya. Minta doanya saja," ungkap sahabat Jane Shalimar, Olive, seperti mengutip laman Detik.com, Senin (28/6/2021).

Baca Juga: Saturasi Oksigen 90 Rendah Seperti Jane Shalimar, Berapa Kategori Normalnya?

Menurutnya kondisi Jane Shalimar memburuk saat terinfeksi Covid-19 lantaran pemain sinetron Jalan Keadilan itu punya komorbid asma. "Dipicu sakit asma, gejala berat, saturasi oksigen rendah banget," jelas Olive.

Semula, saat belum mendapatkan kamar, Jane Shalimar sempat dirawat di IGD. Namun karena khawatir akan terkena virus lainnya, Jane Shalimar mencari rumah sakit lainnya.

"Jadi awalnya itu, dia itu memang sudah sempat dirawat, cuma tetap di IGD. Dia bilang takutnya malah jadi penyakit lain nempel," cerita sang sahabat.

Jane Shalimar harus dipasangi ventilator untuk membantu pernapasannya. Saturasi oksigennya yang awalnya sampai 53 sempat naik, akan tetapi kembali menurun sampai ke-70.

Baca Juga: Positif Covid-19 Setelah Vaksin Pertama, Perlukah Suntikan Kedua?

"Sekarang lagi diusahain masuk ventilatornya, di JMC dapat tempat," jelas Olive.

Selanjutnya Olive mengisahkan awal mula sahabatnya itu terpapar Covid-19.

"Ada penyakit bawaan, ada asma, asma sudah [berat] tambah lagi Covid-19. Awalnya di rumahnya ada adiknya sama suaminya, positif juga dan [saat itu] Kak Jane belum. [Tanggal] 17, 19 Juni dia sakit, pas 24 Juni tes positif, langsung gejala berat," bebernya.

Jane Shalimar sempat kesulitan mendapatkan rumah sakit. Semua rumah sakit yang didatanginya penuh dan tidak ada tempat tidur pasien yang kosong.

Saat ini Jane Shalimar disebut sudah sadar, meski belum bisa berkomunikasi baik. Sebelumnya dikabarkan politikus ini sempat kesulitan mendapatkan kamar di rumah sakit dan mendapatkan tabung oksigen. Akhirnya, Jane Shalimar bisa mendapatkan tabung oksigen namun hanya persediaannya hanya cukup untuk 14 jam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya