SOLOPOS.COM - Gatot Nurmantyo sempat mengunggah himbauan di Instagram. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA -- Sempat menyatakan bersedia, mantan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo, memutuskan batal hadir untuk menerima anugerah Bintang Mahaputera dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (11/11/2020). Belum diketahui alasan ketidakhadiran tersebut.

Namun, yang pasti Gatot mengirimkan surat langsung kepada Jokowi terkait alasan ketidakhadirannya itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Pak Gatot mantan Panglima ada bersurat kepada Bapak Presiden tidak hadir, nah isinya mungkin nanti Pak Menko Polhukam yang akan menyampaikan," kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (11/11/2020).

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo Temui Tokoh Mega Bintang Solo, Ini Obrolannya

Heru mengatakan salah satu isi dari surat yang disampaikan Gatot adalah meminta Jokowi lebih perhatian terhadap TNI. Selain itu, Gatot juga menyinggung soal kondisi Covid-19. "Ya mungkin isinya ada beberapa yang beliau tidak setuju mungkin kondisi Covid-19, harus banyak memberikan perhatian kepada TNI di suratnya seperti itu," ujar dia.

Heru mengatakan pihak Istana menghargai sikap Gatot. Namun, Heru menegaskan pemerintah sudah melaksanakan kewajibannya untuk memberikan penghargaan kepada mantan para pejabat.

"Itu hak beliau, yang jelas negara memberikan melaksanakan tugasnya kewajibannya untuk memberikan kepada para mantan-mantan menteri mantan panglima, kapolri, kepala staf yang memang patut diberikan. Dan itu kan diproses di dewan gelar kehormatan ada dewan khusus dan itu sudah dilaksanakan," tutur dia.

Sempat Bikin Heboh, Postingan Gatot Nurmantyo Disensor Instagram

Sebelumnya, pihak Istana Kepresidenan memastikan Gatot bersedia hadir menerima Bintang Mahaputera yang dianugerahkan Presiden Jokowi. Gatot sudah mengambil undangan kegiatan. "Terkait Pak Gatot Nurmantyo. Hadir, sudah ambil undangan dan pernyataan kesediaan menerima tanda kehormatan," kata Heru, Selasa (10/11/2020).

Acara penganugerahan tanda kehormatan itu digelar di Istana, Rabu ini. Selain Gatot, para mantan menteri dan mantan kepala staf angkatan TNI bakal mendapatkan tanda kehormatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya