SOLOPOS.COM - Salah satu acara dalam Kegiatan Parenting SMP Batik 2023.

Solopos.com, SOLO — SMP Batik Solo berkolaborasi dengan Komite Sekolah mengadakan kegiatan parenting, Sabtu (14/01/2023) bertema Anak Juara Akhlaknya, Orangtua Mulia di Syurga. Parenting menghadirkan narasumber, EM Shidiq.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Etik Ikhtiyatmi, mengatakan parenting ini merupakan upaya dari seluruh stakeholder untuk membersamai anak-anak SMP Batik agar segera kembali mendapatkan proses pembelajaran seperti sebelum pandemi, mengurangi learning loss 3 tahun ke belakang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Parenting ini, sesuai tema yang dipilih sangat penting agar orang tua bisa memberi pendampingan, inspirasi dan suri tauladan terkait akhlak anak-anak secara baik saat di rumah, sekolah maupun di mana pun berada. Dengan begitu diharapkan proses pembelajaran terkait akhlak anak-anak bisa dilaksanakan secara simultan, serentak di tiga matra pendidikan, yakni di sekolah, rumah dan lingkungannya,” terang Bu Etik menjawab pertanyaan dari salah satu orang tua.

Sujoko, selaku waka humas, menjelaskan bahwa seminar parenting merupakan salah satu program rutin yang dilaksanakan sekolah sebagai ajang untuk meningkatkan kompetensi pengasuhan baik oran gtua maupun bapak/ibu guru, serta komunikasi dan kerja sama antara wali murid dan sekolah dalam mendidik anak. Kegiatan ini dilaksanakan di Harris Hotel & Convention Solo, dan baru pertama kalinya pelaksanaan kegiatan sepenuhnya di handle oleh komite.

Pemateri dalam kesempatan kali ini memberikan pemaparan dengan begitu apik, dimulai dengan berkeliling ke seluruh peserta dan memberikan gift bagi yang terpilih, kemudian presentasi dengan contoh-contoh dari kejadian yang dialaminya, termasuk dari putrinya sendiri. Diakhir sesi, dia menyimpulkan bahwa anak adalah titipan Allah, maka harus dididik sesuai syariat Allah. Anak butuh didukung, dimotivasi dan dilatih guna mencipta keshalihan pribadi dan sosial. Anak yang sering dipuji dan dimotivasi akan hidup dalam semangat dan kebahagiaan.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan pelantikan kepengurusan Komite Sekolah periode 2023-2025 dengan Kristina Hermiyanti sebagai ketua. Hal ini merujuk pada Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 bahwasanya setiap sekolah harus memiliki Komite. Komite Sekolah adalah lembaga mandiri yang beranggotakan orang tua/wali peserta didik, komunitas sekolah, serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan.

Dalam sambutannya Ceket Palupi Suroso, selaku kepala sekolah sangat mengapresiasi sinergi dan kolaborasi apik yang ditunjukkan oleh sekolah dan komite. Hal tersebut sesuai dengan salah satu prinsip pelaksanaan kurikulum merdeka, di mana harus ada pelibatan secara aktif dari semua stakeholder, termasuk Komite Sekolah. Lebih lanjut, dia menyatakan jika sinergi ini bisa terus dikembangkan dan ditingkatkan, maka dia yakin bahwa proses pendidikan dan pembelajaran para siswa SMP Batik dapat berjalan dan berhasil sesuai yang diharapkan.

Konten ini merupakan user generated content atau UGC kiriman sekolah. Sekolah Anda bisa menjadi bagian dari UGC di Solopos.com dengan cara klik di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya