SOLOPOS.COM - Para pemain Filipina (JIBI/Harian Jogja/AFFSuzukiCup)

 

Harianjogja.com, MANILA — Pelatih Filipina Thomas Dooley percaya anak asuhnya memiliki rasa lapar dan keinginan mengalahkan Thailand yang tengah terbang tinggi pada dua laga semifinal AFF Suzuki Cup.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

The Azkals berkilau dengan kemenangan atas Laos (4-1) dan Indonesia (4-0) untuk lolos ke babak empat besar dari grup A dengan masih menyisakan satu laga tersisa, namun mereka kalah 3-1 dari Vietnam yang tampil sangat menyerang.

“Thailand bermain dengan cara yang mirip dengan Vietnam dan mereka tidak akan mendapatkan permainan yang mudah,” kata Dooley, mantan kapten timnas Amerika Serikat itu, seperti dilansir dari laman resmi Affsuzukicup, Senin (1/12/2014).

“Saya tahu bagaimana rasanya sebagai pemain ketika anda memainkan laga seperti itu (lawan Vietnam) dan saat kalah anda akan lapar kembali (untuk laga berikutnya).

“Kami punya waktu satu pekan untuk istirahat. Saya cukup yakin kita akan tampil beda dan tim akan memainkan penampilan terbaiknya.

“Performa kami di dua laga pertama sangat baik, namun melawan Vietnam, mungkin karena mereka tidak terlalu bagus atau mungkin kami tidak mampu mengendalikan, sehingga kami kalah.”

Filipina menghadapi Thailand pada laga pertama semifinal di Stadion Rizal Memorial, Manila, markas sepak bola Filipina, pada Sabtu (6 Desember). Tiga kali juara Thailand mencapai semifinal dengan aksi meyakinkan.

Mengulangi kiprah mereka pada 2012, mereka meraih poin maksimal di Grup B berkat kemenangan atas juara bertahan Singapura (2-1), Malaysia (3-2) dan Myanmar (3-0).

Jika Filipina mencapai final dengan upaya mereka, mereka harus menulis ulang catatan rekor selalu kalah dari Gajah Perang di setiap 14 pertemuan mereka sejak 1972.

Enam dari tujuh pertandingan tersebut adalah pada Kejuaraan Sepakbola ASEAN dan pelatih Thailand saat ini, Kiatisuk “Zico” Senamuang, yang memenangkan tiga kali juara sebagai pemain, mencetak gol pada pertemuan tahun 1996 dan 2000.

“Semifinal melawan Thailand harus dimenangkan sehingga kami memiliki dua laga di mana jika kami menampilkan performa terbaik kami akan mewujudkannya dan saya percaya dengan para pemain saya bahwa mereka bisa melakukannya,” kata Dooley.

“Saya pikir kami tidak pernah menang (lawan mereka) dalam 14 pertandingan dan kami akan mengubahnya.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya