SOLOPOS.COM - Evakuasi korban oleh tim medis Semen Gresik pada simulasi tanggap darurat di area quarry batu gamping pada Kamis (22/9/2022). (Istimewa)

Solopos.com, REMBANG-PT Semen Gresik (PTSG) kembali menggelar simulasi tanggap darurat di area operasional perusahaan. Kali ini simulasi dilaksanakan di area quarry batu gamping pabrik Rembang pada Kamis (22/9/2022).

Simulasi tahunan ini, melibatkan beberapa personel dari seksi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3),  Seksi Tambang, Seksi Keamanan, United Tractors Semen Gresik (UTSG), serta dari tim Poliklinik Pabrik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Senior Manager of Comunnication & CSR PT Semen Gresik, Dharma Sunyata, menjelaskan bahwa simulasi tanggap darurat sebagai salah satu bentuk komitmen implementasi terhadap sistem manajemen K3 serta untuk memastikan para pekerja mengetahui dan memahami prosedur tanggap darurat (P/SG/SHE/008) dan kesiapan peralatan dan tim dalam menghadapi keadaan darurat.

“Situasi darurat, seperti kebakaran, bencana alam atau berbagai jenis kecelakaan kerja lainnya bisa terjadi kapan saja dan tidak terduga. Oleh karena itu, setiap perusahaan wajib memiliki prosedur perencanaan tanggap darurat,” jelas Dharma pada keterangan persnya pada Jumat (23/9/2022).

Baca Juga: Akar Jawi UMKM Binaan SG Go Global di Tong Tong Fair 2022 Belanda

Lanjutnya, simulasi dimulai pukul 09.00 WIB dengan ditandai asap smoke bomb mengepul dari excavator diakibatkan korsleting listrik yang menyebabkan bunga api dan kebakaran lokal pada unit tersebut. Kemudian pekerja berkoordinasi tim keamanan dan tim pemadam kebakaran.

Semen Gresik Simulasi Tanggap Darurat
Simulasi pemadaman kebakaran pada excavator yang diakibatkan oleh korsleting listrik di area quarry batu gamping pada Kamis (22/9/2022). (Istimewa)

Saat proses simulasi pemadaman dan evakuasi unit, salah satu personel menghirup asap terlalu banyak dan kondisi area kerja yang panas sehingga menyebabkan personel mengalami hilang kesadaran dan dievakuasi oleh tim medis.

Baca Juga: Kisah Sukses UMKM Gunung Kendil Binaan Rumah BUMN Rembang Go Global

“Simulasi tanggap darurat ini berjalan sesuai dengan skenario, alur yang di-setting sesuai dengan keadaan aslinya, dimana setiap personil memerankan peran dengan sungguh–sungguh,” ujar Dharma.

Dharma menambahkan dengan diadakan kegiatan simulasi tanggap darurat harapannya agar mampu melatih kesiapsiagaan karyawan PT Semen Gresik dalam melakukan penanganan keadaan darurat.

Baca Juga: Semen Gresik Perkokoh Budaya Inovasi, 27 Finalis SGIC V 2022 Tampil

“Selain itu untuk mengevaluasi kesiapan alat dan sarana prasarana penunjang dalam melaksanakan tanggap darurat. Di samping itu juga, mengevaluasi apakah prosedur tangap darurat yang telah tercantum di dokumen prosedur P/SG/SHE/008 itu masih efektif dalam penanganannya,” bebernya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya