SOLOPOS.COM - Sapi milik Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, akan disembelih di MAJT, Senin (11/7/2022). (Solopos.com/Panitia Kurban MAJT)

Solopos.com, SEMARANG — Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Kota Semarang, Jawa Tengah akan memotong 11 ekor sapi dan 25 ekor kambing hewan kurban pada Senin (11/7/2022.

Termasuk, hewan kurban milik Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernuru Jateng, Taj Yasin Maimoen. MAJT di Semarang akan menyiapkan 2.450 paket daging kurban pada momen Iduladha tahun 2022.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Ketua Panitia Iduladha 1443 H MAJT, Nur Khoirin, menyampaikan pemotongan hewan kurban digelar hari pertama tasyrik atau Senin (11/7/2022) karena tukang jagal sapi dan kambing yang dijadwalka memotong hewan kurban masih sibuk pada saat Iduladha.

Tak hanya itu panitia MAJT juga membantu pemotongan hewan kurban di kampungnya masing-masing saat Iduladha.

“Hari Senin, karena hampir semua panitia MAJT juga panitia di masjid kampung masing-masing. Sehingga, berbagai waktu. Kedua, tukang jagal penuh dan bisa gantian. Pemotongan dilakukan jagal profesional. Ada tim sapi dan tim kambing, “jelas Nur Khoirin, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (10/7/2022).

Baca Juga : Ngebut, 600 Orang Sembelih-Kemas Daging Kurban 32 Sapi dalam 4,5 Jam

Ia mengatakan MAJT bakal mendistribusikan 2.450 paket daging hewan kurban. “Sebanyak 2.450 paket daging kurban akan distribusikan ke pengurus, kiai, tokoh di Semarang, pengurus MAJT, pegawai, masyarakat lingkungan terdekat dan lembaga-lembaga yang mengajukan,“ jelasnya.

Saat ditanya apakah ada pemeriksaan kesehatan pada proses penyembelihan di MAJT, ia memastikan Dinas Peternakan Kota Semarang memeriksa hewan kurban yang diterima oleh masjid itu sebelum Iduladha.

“Kesehatan hewan sejak kemarin sudah diperiksa dari Dinas Peternakan. Hari ini dan besok saat penyembelihan,“ ucapnya.

Untuk menekankan penyebaran penyakit kuku dan mulut atau PMK, pihaknya juga menyediakan tempat pembuangan khusus untuk limbah atau kotoran saat proses penyembelihan hewan kurban.

“MAJT sudah menyiapkan lubang permanen kayak septic tank untuk darah dan kotoran jeroan. Setelah selesai, langsung disedot oleh mobil tanki dan dibuang ke luar. Kemudian, disemprot dan dibersihkan.”

Baca Juga : Inilah Moli, Sapi Kurban Jokowi Di Solo Yang Bikin Anak-Anak Penasaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya