SOLOPOS.COM - Alpukat Wina yang memiliki ukuran jumbo sedang banyak dikembangkan di Kabupaten Semarang (Instagram/@bibit_tanaman_buah_ku)

Solopos.com, SEMARANG — Kabupaten Semarang merupakan tempat yang menjanjikan untuk budi daya buah alpukat, khususnya varietas  alpukat Wina yang satu buahnya bisa mencapai berat hingga 2 kg dan mampu bertahan dalam waktu yang relatif lama.

Mengutip Detik.com, Kamis (23/9/2021), Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan Kabupaten Semarang, Samsul Hidayat mengatakan bahwa potensi alpukat untuk agroklimat cocok dikembangkan di Kabupaten Semarang. Dia mengatakan bahwa lahan alpukat di Semarang tidak ada masalah meskipun rate-nya rendah, tetap bisa ditanami.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Samsul menambahkan bahwa untuk alpukat Wina yang dikembangkan memiliki keunggulan pada ukurannya yang besar, tebal dan memiliki potensi keuntungan yang tinggi. Daya tahan alpukat Wina ini bisa sampai dua minggu. Pengembangan alpukat varietas Wina ini  sudah dimulai sejak tahun 2012 lalu. Untuk yang berumur empat  tahunan, produksi rata-ratanya bisa mencapai antara 30-40 kg per pohon.

Baca Juga: Ketan Pencok, Berawal dari Coba-Coba hingga Jadi Ikon Kuliner Brebes

Sementara itu, Ketua Asosiasi Petani Alpukat Kabupaten Semarang (Apas), Agus Riyadi mengatakan bahwa dia mulai menggeluti alpukat sejak 2012 dan melihat pasar alpukat sendiri yang sangat menjanjikan. Dia juga saat ini sedang mengembangkan alpukat Wina.

Agus menambahkan bahwa alpukat Wina ini, selain ukurannya yang besar, keunggulannya juga ada pada tingkat produktivitasnya. Dan seperti yang telah disebutkan, alpukat jenis varietas ini bisa bertahan cukup lama karena proses kematangan buahnya sendiri juga lama.

Dalam mengembangkannya, Agus membeli bibit alpukat dari para petani alpukat di daerah Baran, Ambarawa. Kemudian dia mulai dengan pembibitan dan memupuk isi alpukat hingga tumbuh. Setelah tumbuh dan berusia 1,5 tahun, bibit alpukat yang tumbuh itu distek atau disambung dengan bibit alpukat Wina yang sudah ada.

Baca Juga: KA Kedungsepur dan KA Lokal Cepu Beroperasi Lagi, Ini Syarat Naiknya…

Alpukat Si Cantik

Selain mengembangkan alpukat Wina, Agus juga mengembangkan varietas alpukat lainnya, seperti alpukat Si Cantik,  Pangeran, Muria dan Jambon. Untuk Si Cantik memiliki kulit yang mengkilat, pulen dan mudah matang. Selain itu, produktivitasnya juga tinggi dengan jumlah rata-rata 4-7 ons saat musim panen.

Soal harga jual alpukat, jika dulunya dikenal saat musim kemarau harganya mahal dan saat musim penghujan harganya rendah, sekarang harga jual alpukat bisa dikatakan stabil dan laku di pasaran. Harganya sendiri terbagi dalam kategori. Untuk kelas A dihargai Rp21.000 per kilo, kelas B dihargai Rp15.000 per kilo, kelas C dihargai Rp11.000 per kilo dan kelas D dihargai Rp5.000 per kilo.

Hasil panen alpukat ini sendiri juga dikirim ke sejumlah kota dan pulau di Indonesia, seperti Solo,  Jakarta, Bandung, Bogor, Bali dan Kalimantan. Sementara itu, dilansir dari Jateng.bps.go.id, Kabupaten Semarang memiliki tingkat produktivitas alpukat paling tinggi di Jawa Tengah. Hal itu tercatat pada 2020, jumlah produktivitas alpukat mencapai 207.622.

Baca Juga: Sakti! Bakul Gorengan di Magelang Ini Balik Masakannya Dengan Tangan

Manfaat Alpukat Bagi Tubuh

Alpukat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari berbagai sumber kesehatan, alpukat merupakan buah yang kaya akan nilai gizi. Dalam 40 gram alpukat, didalamnya terkandug beragam vitamin, mulai dari vitamin C,E,K dan B6 yang baik. Serta zat riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium dan kalium. Selain itu juga terdapat karbohidrat (3,4gram), lemak (6gram),  kalori (64), sertat (3gram) dan gula (<1 gram).

Kandungan dalam alpukat tersebut memberikan beberapa manfaat bagi tubuh, seperti membantu asupan program diet, yaitu sebagai pengganti nasi karena sama-sama mengandung karobohidrat yang memberi energi serta efek kenyang setelah makan yang cukup lama. Selain itu, kandungan vitaminnya juga dapat memberikan dampak pada peningkatan imunitas tubuh, kesehatan jantung, kesehatan mata, mencegah sel kanker berkembang dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya