SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (YouTube Setpres)

Solopos.com, JAKARTA – Wilayah aglomerasi Semarang Raya turun dari level 3 menjadi level 2 pada pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa dan Bali.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan hal itu saat mengumumkan perpanjangan PPKM melalui YouTube di Istana Negara, Senin (30/8/2021) malam.  “Semarang Raya berhasil turun ke level 2,” ujar Jokowi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jokowi berujar perkembangan Covid-19 di Pulau Jawa-Bali saat ini sudah cukup baik. Meski demikian, Jokowi memperpanjang PPKM berlevel dari 31 Januari hingga 6 September 2021.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Breaking News: Solo Raya Turun ke Level 3, PPKM Diperpanjang hingga 6 September 2021

Presiden mengatakan saat ini daerah yang masuk kategori PPKM Level 4 turun dari 51 kabupaten/kota menjadi 25 daerah.

“Sehingga secara keseluruhan di Jawa-Bali ada perkembangan cukup baik. Level 4 dari 51 kabupaten/kota menjadi 25 kabupaten/kota,” ujar Jokowi.

Sedangkan wilayah yang masuk kategori PPKM Level 3 dari 67 kabupaten/kota bertambah menjadi 76 kabupaten/kota. Lalu jumlah daerah yang masuk kategori PPKM Level 2 dari 10 kabupaten/kota bertambah menjadi 27.

Baca Juga: Pidato Kebangsaan Ketum PP Muhammadiyah: Pancasila Moderat, Jangan Ditarik ke Kanan atau ke Kiri

Seperti diketahui, PPKM di Jawa dan Bali sebelumnya diperpanjang mulai dari 24 hingga 30 Agustus 2021. Wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya, dan beberapa wilayah kota/kabupaten lainnya sudah berada dalam PPKM level 3 atau turun satu tingkat dari sebelumnya level 4.

Menko Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan PPKM akan tetap menjadi instrumen penanganan selama Covid-19 masih ada di Indonesia.

“Saya ingin menjelaskan bahwa selama Covid-19 ini masih menjadi pandemi, PPKM ini akan tetap digunakan sebagai instrumen untuk mengendalikan mobilitas dan aktivitas masyarakat,” tegasnya, Senin (16/8/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya