SOLOPOS.COM - Wali Kota Salatiga, Yuliyanto. (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SALATIGA — Pemerintah baru saja mengeluarkan kebijakan memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mulai dari level 4 hingga level 1 di wilayah Jawa Bali, mulai 5-18 Oktober 2021.

Dalam kebijakan yang tertuang pada Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 47 Tahun 2021 itu, sejumlah wilayah di Jateng mengalami penurunan level, dari level 3 ke level 2.  Penurunan level ini didominasi wilayah di Semarang Raya dan Soloraya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meski demikian, ada satu daerah di wilayah aglomerasi Semarang Raya yang berbatasan dengan Soloraya yang tidak mengalami penurunan level. Wilayah itu yakni Kota Salatiga yang masih ditetapkan PPKM Level 3.

Baca juga: Salatiga Diminta Terapkan PPKM Level 4, Wali Kota Yuliyanto Galau

Padahal secara capaian vaksinasi, Salatiga sebenarnya sudah layak ditetapkan PPKM Level 2, bahkan PPKM Level 1.

Inmendagri No. 47/2021 disebutkan suatu daerah dinyatakan layak mengalami penurunan level 3 ke level 2 asalkan cakupan vaksinasi dosis pertama sudah mencapai di atas 50%. Sedangkan capaian vaksinasi untuk lansia di atas 60 tahun berada di angka minimal 40%.

Berdasarkan data yang tercantum di laman Internet resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tentang cakupan vaksinasi tiap daerah hingga Selasa (5/10/2021), capaian vaksinasi dosis pertama di Kota Salatiga sudah berada di angka 118,30%. Sedangkan, capaian vaksinasi dosis kedua di Salatiga sudah berada di angka 69,33%.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, pun mengaku tidak mempermasalahkan. Ia tetap akan melaksanakan keputusan pemerintah sesuai dengan ketentuan.

“Iya, kita masih [PPKM] level 3. Dengan penetapan level 3 itu tentunya aktivitas atau kegiatan masyarakat di Kota Salatiga masih dibatasi 50%,” ujar Yuliyanto kepada Solopos.com, Selasa siang.

Yuliyanto juga tidak akan mengajukan pelonggaran pembatasan aktivitas masyarakat. Hal ini dikarenakan level atau status PPKM di Kota Salatiga belum mengalami penurunan.

Baca jugaKasus Covid-19 Turun Tajam, PPKM Dilanjutkan hingga 18 Oktober 2021

“Tentunya dengan penetapan ini [PPKM Level 3], kami juga tidak bisa memberikan pelonggaran aktivitas atau kegiatan masyarakat. Masih sama seperti sebelumnya,” imbuh Wali Kota Salatiga.

Sementara itu berdasarkan data Humas Pemkot Salatiga, pasien Covid-19 di Salatiga yang masih menjalani isolasi  hingga Senin (4/10/2021), tersisa 12 orang.

Sedangkan kasus kumulatif mencapai 9.255 orang, dengan perincian kasus sembuh 8.959 orang, kasus aktif 12 orang, dan kasus kematian mencapai 284 jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya