SOLOPOS.COM - Ilustrasi Masjidil Haram (haji.kemenag.id)

Solopos.com, JEDDAH — Pemerintah Arab Saudi kini telah resmi melarang selfie, fotografi, dan videografi di Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Larangan tersebut diberlakukan untuk menjaga martabat tempat-tempat tersebut.

Hukuman pelanggaran yang ketat akan dipertimbangkan jika ada yang melanggar aturan tersebut. Menurut rencana terperinci, seperti dilansir Liputan6 dari The Saudi Expat yang dikutip Rabu (24/11/2021), larangan itu menyiratkan ke semua tempat suci di seluruh negeri untuk menjaga kehormatan dan martabat tempat-tempat tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut laporan resmi, mengambil gambar di dalam kedua masjid itu atau di sekitar tempat-tempat suci ini akan dianggap sebagai pelanggaran. Tidak seorang pun akan diizinkan untuk selfie, berfoto atau merekam video. Aparat keamanan akan memastikan bahwa tidak ada yang akan melanggar hukum itu dari ponsel atau kamera dan akan ditangkap.

Pejabat Arab Saudi menjelaskan alasan di balik larangan videografi dan fotografi dengan mengatakan, langkah ini diambil untuk menjamin kehormatan dan martabat tempat-tempat suci tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Ramai-Ramai Berburu Emas, Ratusan Orang Mengeruk Sungai Amazon

Sebagian besar peziarah membuang waktu mereka untuk mengambil gambar dan video baru kemudian berdoa. Ini tidak hanya tidak menghormati tempat tetapi juga mengganggu ibadah orang lain.

Keputusan serupa juga diambil pada tahun 2017, ketika seorang warga Israel memasuki Masjidil Haram dan mengambil foto dan mengunggahnya di Facebook, yang menciptakan kekacauan.

Namun, hal itu patut dihargai daripada yang akhirnya diputuskan oleh para pejabat karena orang-orang telah melupakan esensi dan prestise sebenarnya dari tempat itu saat sibuk di media sosial, check-in ke tempat-tempat ini, dan mengunggah gambar untuk publisitas.

Mekkah dan Madinah adalah pusat keagamaan bagi umat Islam. Orang-orang mendesak untuk pergi ke tempat-tempat ini seumur hidup mereka.

Baca Juga: Regu Tembak Siap Eksekusi Penjual Salinan Serial Squid Game di Korut

Ketika orang lain memiliki tujuan impian di Swiss dan Thailand, umat Islam ingin mengunjungi Mekah dan Madinah. Islam berasal dari sana, berkembang di sana, Nabi Muhammad SAW tinggal di sana, dan ratusan peristiwa keagamaan terjadi di sana, ribuan keajaiban hadir di dua kota suci tersebut.

Bahkan sejarawan non-Muslim mengunjungi tempat-tempat ini dan mempelajari sejarah yang kaya. Banyak orang yang tidak percaya mengunjungi tempat-tempat rahasia ini dan memeluk Islam. Namun, dengan semua sentimen dan kasih sayang religius ini, sesi foto dan videografi diperlukan di tempat-tempat ini.

Dulu, ketika Internet dan ponsel belum biasa digunakan orang untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut dan menikmati auranya.

Baca Juga: Taliban Bikin Aturan Media, Aktris Dilarang Main Sinetron

Namun, sekarang ketika Internet dan ponsel sudah menjadi hal yang biasa di setiap rumah tangga dan di setiap genggaman, orang terlihat lebih asyik selfie, merekam video, dan mengunggah di internet saat melakukan umrah, haji dan ziyarat.

Sungguh memilukan melihat bagaimana orang-orang melupakan esensi dari tempat-tempat indah ini dan memanjakan diri mereka dalam kegiatan seperti itu.

Hal ini tidak hanya tidak menghormati tempat-tempat suci tetapi juga gangguan bagi orang-orang yang sibuk melakukan ziarah. Tapi sepertinya pemerintah sudah mengambil tindakan sekarang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya