SOLOPOS.COM - Kampus UNS Solo. (Istimewa/Humas UNS Solo)

Solopos.com, SOLO — Proses pemilihan calon Rektor Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo masa bakti 2023-2028 memasuki tahap penyampaian visi misi yang akan dimulai pada Senin (17/10/2022).

Dari sembilan pendaftar, ada delapan calon rektor ang dinyatakan lolos tahap penjaringan dan berhak mengikuti tahapan penyampaian visi misi tersebut. Mereka yakni Prof Dr Bandi, Prof Dr Hartono, Prof Dr I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kemudian Prof Dr Kuncoro Diharjo, Prof Dr Reviono, Prof Dr rer nat Sajidan, Prof Dr Ir Samanhudi, serta Prof Dr Venty Suryanti. Sedangkan satu nama yang tidak lolos adalah Prof Irwan Trinugroho dari Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) UNS.

Prof Irwan merupakan bakal calon Rektor UNS Solo paling muda. Usianya baru menginjak 38 tahun. Saat ini ia menjabat sebagai Direktur Direktorat Kerja Sama Pengembangan dan Internasionalisasi UNS. Ia baru dikukuhkan menjadi guru besar pada 2021.

Ekspedisi Mudik 2024

Tahapan penyampaian visi-misi nantinya dilanjutkan dengan penyampaian nama bakal calon rektor kepada Majelis Wali Amanat (MWA) UNS paling lambat 18 Oktober. MWA kemudian akan menggelar rapat pleno untuk menetapkan calon rektor UNS yang dijadwalkan pada 20 Oktober.

Baca Juga: Dipimpin Eks Panglima TNI, Inilah MWA UNS Solo yang Jadi Penentu Rektor Baru

Proses masih berlanjut dengan Panel 2 Penyampaian Visi Misi Calon Rektor dalam Sidang Pleno MWA yang dihadiri Senat Akademik, Organ DP, Unsur Tendik dan BEM Universitas.

Badan Tertinggi UNS

Tahapan akan diakhiri dengan rapat pleno MWA dengan agenda Pemilihan Rektor UNS Solo pada 11 November 2022. “Lalu untuk pelantikan dan pengambilan sumpah Rektor UNS terpilih dijadwalkan pada 10-11 April 2023,” jelas Wakil Ketua MWA UNS Prof Hasan Fauzi melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Sabtu (15/10/2022).

Seperti diberitakan sebelumnya, MWA merupakan badan tertinggi di universitas yang mewakili kepentingan pemerintah, kepentingan masyarakat dan kepentingan UNS sebagai lembaga pendidikan. MWA bertugas menyusun, merumuskan, dan menetapkan kebijakan.

Kemudian memberikan pertimbangan pelaksanaan kebijakan umum, serta melaksanakan pengawasan di bidang nonakademik. MWA akan menjadi penentu pemilihan Rektor UNS Solo.

Baca Juga: 8 Bakal Calon Rektor UNS Akan Paparkan Visi Misi, Senin 17 Oktober 2022

Dikutip dari laman mwa.uns.ac.id, MWA dibentuk setelah UNS Solo ditetapkan oleh Presiden Jokowi sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) pada 6 Oktober 2020 melalui PP No 56/2020.

Mantan Panglima TNI yang kini menjabat Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto terpilih sebagai Ketua MWA. Pemilihan Ketua MWA digelar di Gedung dr Prakosa UNS pada 2 November 2020 dipimpin Prof Weidy Murtini dan Muhammad Zainal Arifin.

Pengurus dan Anggota MWA

Pengurus MWA UNS Solo yang akan menjadi penentu Rektor totalnya 17 orang yang terdiri atas Ketua Hadi Tjahjanto, Wakil Ketua Prof Hasan Fauzi, Sekretaris Prof Tri Atmojo Kusmayadi. Anggota terdiri atas Nadiem Anwar Makariem, Prof Dr Adi Sulistyono, Prof Dr Jamal Wiwoho, Charmeida Tjokrosuwarno, Dr Soeprayitno, Gunawan Sulistyo.

Selanjutnya ada Prof Dr Istadiayantha, Prof Dr Mahendra Wijaya, Prof Yusep Muslih Purwana, Dr Ir Eny Lestari, Prof Dr Wiedy Murtini, Ir Budi Harto, Muhammad Sholihin, dan Shoffan Mujahid. Nama terakhir adalah mahasiswa yang juga Ketua BEM UNS Solo 2022.

Baca Juga: Majelis Wali Amanat Tetapkan 8 Bakal Calon Rektor UNS, Ini Daftarnya

Berikut Jadwal dan Tahapan Pemilihan Rektor UNS Periode 2023-2028 seperti dilansir p3cr.uns.ac.id/pendaftaran:

27 September 2022: Launching Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor UNS Periode 2022-2028 oleh Ketua MWA
27-30 September 2022: Sosialisasi P3CR di Organ UNS, BEM, Tendik, Alumni dan Masyarakat
3-10 Oktober 2022: Masa Pendaftaran Bakal Calon Rektor
11 Oktober 2022: Batas Penerimaan Akhir Berkas dan Verifikasi Berkas
12-14 Oktober 2022: Verifikasi Kelengkapan Persyaratan Pendaftar Bakal Calon Rektor Sesuai Kriteria yang Ditetapkan
16-17 Oktober 2022: Panel 1 Pemaparan Visi & Misi Bakal Calon Rektor
18 Oktober 2022: Batas Akhir penyampaian Nama Bakal Calon Rektor UNS kepala Pleno MWA
20 Oktober 2022: Penetapan Calon Rektor Tersaring Oleh MWA
27 Oktober 2022: Panel 2 Penyampaian Visi Misi Calon Rektor dalam Sidang Pleno MWA Dihadiri oleh Organ SA, Organ DP, Unsur Tendik dan BEM Universitas
11 November 2022: Rapat Pleno MWA dengan Agenda Pemilihan Rektor UNS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya