SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI)

Seleksi perangkat desa di Sleman tahun ini mencapai 225 formasi

Harianjogja.com, SLEMAN- Pemerintahan desa (Pemdes) di wilayah Sleman mulai membuka pendaftaran seleksi perangkat desa. Seleksi dilakukan serentak di masing-masing Pemdes. Tahun ini, total sebanyak 225 jabatan yang akan diseleksi, mulai Kepala Seksi, Kepala Urusan hingga Sekretaris Desa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seleksi dilakukan berdasarkan struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) Pemdes yang baru yang diatur dalam Perda No.16/2016 tentang tata cara pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa.

“Karena ini Perda baru, maka kami juga akan mengawasi pelaksanaan seleksi tersebut. kami juga meminta agar masyarakat ikut aktif mengawasi,” kata Ketua Komisi A DPRD Sleman Hendrawan Astono, Selasa (11/4/2017).

Menurutnya, seleksi perangkat desa tahun ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama, sebanyak 205 dan 20 jabatan lainnya dilaksanakan pada tahap kedua. Masing-masing jabatan yang diseleksi, katanya, memiliki posisi penting. Hal itu menjadi tantangan sekaligus ujian bagi Pemdes untuk melaksanakan proses seleksi yang transparan, akuntabel dan berkualitas.

Dia berharap, perangkat desa yang terpilih benar-benar sesuai yang diharapkan. Dia meminta masyarakat juga ikut memantau seluruh proses seleksi yang dilakukan Pemdes. Mulai dari pembentukan panitia, pendaftaran hingga hasil seleksi.

“Kalau ada yang dinilai menyimpang, laporkan. Kami siap untuk menindaklanjutinya,” kata Hendrawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya