SOLOPOS.COM - Ilustrasi sosialisasi seleksi perangkat desa di Kudus. (Solopos.com-Antara)

Solopos.com, KUDUS — Seleksi perangkat desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), banjir peminat. Tercatat ada sekitar 5.147 orang yang mendaftar seleksi perangkat desa di 90 desa di Kabupaten Kudus, hingga Rabu (26/10/2022).

“Jumlah pendaftar di luar perkiraan kami. Ternyata peminatnya cukup banyak jika dibandingkan formasi yang tersedia,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Kudus, Adi Sadhono.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengungkapkan jumlah pendaftar tersebut masih bersifat sementara karena masih ada rekapitulasi dari masing-masing desa di Kudus yang menyelenggarakan seleksi perangkat desa.

Jumlah desa yang melakukan pengisian perangkat desa sebanyak 90 desa yang tersebar di sembilan kecamatan, meliputi Kecamatan Kota, Mejobo, Dawe, Bae, Undaan, Kaliwungu, Jekulo, Gebog, dan Jati.

Sementara jabatan perangkat desa yang kosong sebanyak 252 formasi yang tersebar di 90 desa di Kudus, sehingga masing-masing desa ada yang hanya membutuhkan antara dua formasi hingga tiga formasi.

Baca juga: Dosen UIN Semarang Sebut Uang Suap Seleksi Perangkat Desa di Demak Bonus

Untuk saat ini, katanya, masih memasuki tahap melengkapi berkas persyaratan administrasi bakal calon perangkat desa yang dibatasi hingga 29 November 2022.

Sementara pengumuman laporan hasil penelitian persyaratan administrasi bakal calon perangkat desa dilaksanakan tanggal 30 November 2022. Setelah itu, seleksi perangkat desa di Kudus akan memasuki tahapan tes tertulis.

Terkait jumlah perguruan tinggi yang diajak bekerja sama dalam seleksi tersebut, kata Adhi, diserahkan kepada masing-masing desa. Sedangkan pengajuan permohonan kerja sama dengan perguruan tinggi baru dimulai tanggal 1 Desember 2022.

Baca juga: Macan Tutul Gunung Muria Turun ke Permukiman Warga di Jepara, 3 Ternak Dimangsa

Setelah ada penandatanganan kerja sama dengan perguruan tinggi, selanjutnya dilaksanakan uji coba ujian penyaringan pada 12 Desember 2022. Sedangkan pelaksanaan ujian penyaringan pada tanggal 13 Desember 2022.

Hasil ujian langsung disampaikan panitia ujian pada hari yang sama karena tes seleksi rencana dengan model tes berbasis komputer ata CAT (computer assisted test).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya