Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Seleksi Duta Seni Pelajar Boyolali Dimulai, Misi Budaya ke Luar Negeri Diganti

Seleksi Duta Seni Pelajar Kabupaten Boyolali kembali digelar setelah vakum dua tahun karena pandemi Covid-19.
SHARE
Seleksi Duta Seni Pelajar Boyolali Dimulai, Misi Budaya ke Luar Negeri Diganti
SOLOPOS.COM - Disdikbud Kabupaten Boyolali menggelar sosialisasi Pendaftaran Duta Seni Pelajar Kabupaten Boyolali 2022 di aula setempat, Rabu (21/9/2022). (Istimewa/Diskominfo Kabupaten Boyolali).

Solopos.com, BOYOLALI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali kembali menggelar seleksi Duta Seni Pelajar, setelah sempat ditiadakan karena pandemi Covid-19 sejak 2020.

Pendaftaran dan penerimaan berkas dimulai Kamis (22/9/2022) – Rabu (28/9/2022).

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Sebelumnya, Duta Seni pelajar Kabupaten Boyolali sudah diadakan sejak 2013 hingga 2019. Tujuan pemilihan ini adalah dalam rangka misi  kebudayaan ke luar negeri, baik di benua Asia, Amerika, dan Eropa.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali Darmanto dalam acara Sosialisasi Pendaftaran Audisi Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022 di aula Disdikbud Kabupaten Boyolali pada Rabu (21/9/2022).

Dilansir dari kanal Boyolali.go.id, acara sosialisasi ini diperuntukkan bagi siswa SMP dikarenakan siswa SMA sudah beralih pengelolaan oleh provinsi. Kegiatan tersebut dihadiri 98 Kepala Sekolah yang terdiri atas 52 SMP Negeri dan 46 SMP swasta.

Baca juga: DUTA SENI BOYOLALI: 90 Pelajar Boyolali Lolos ke Uji Bakat Tahap II

“Sekarang dengan berbagai pertimbangan dan sesuai dengan kewenangan, Duta Seni Pelajar 2022 ini khusus untuk anak-anak jenjang SMP,” ujar Darmanto.

Ditambahkan Darmanto, Duta Seni Pelajar Kabupaten Boyolali kali ini bukan membawa misi kebudayaan ke luar negeri. Namun, ke seluruh provinsi di Indonesia yang akan mulai diberangkatkan akhir November 2022 hingga awal Desember 2022.

Peserta Duta Seni Pelajar tahun ini akan diutamakan bagi pelajar SMP kelas VIII.

“Harapan kami semua bahwa kita punya tugas mengembangkan setiap potensi, bakat, dan minat peserta didik dan juga dalam rangka melestarikan dan memajukan budaya tradisional warisan dari nenek moyang,” ungkap Darmanto.

Hal senada disampaikan perwakilan dari Ketoleng Institute Boyolali, Ribut Budi Santoso. Kriteria Duta Seni pelajar Boyolali pada 2022 ini adalah pelajar Kelas VIII SMP dan harus berdomisili dan bersekolah di Kabupaten Boyolali.

Baca juga: MISI KEBUDAYAAN : Tahun Ini, Duta Seni Boyolali akan Dikirim ke Eropa Timur

“Karena ini yang pertama dan kita baru memulai silahkan nanti SMP mau mengirim berapa pun akan kita seleksi, kalau tahapannya sama seperti Duta Seni bagaimana nanti anak ini bisa betul-betul menjadi Duta Seni dan misi kebudayaan pelajar Kabupaten Boyolali.” jelasnya.

Terkait jumlah yang akan dipilih menjadi Duta Seni pelajar tahun ini, Ribut mengatakan kini Duta Seni Pelajar Kabupaten Boyolali hanya akan meloloskan 20 pelajar tingkat SMP.

Ribut mempersilakan kepada seluruh pelajar SMP untuk mendaftar. Namun harus mendapatkan surat rekomendasi atau pengantar dari sekolah masing-masing.

“Karena ini yang pertama, sama seperti tahun 2013, jadi nanti audisinya langsung menampilkan tarian,” tandasnya dilansir dari Boyolali.go.id yang merupakan hasil peliputan Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali.

Baca juga: MISI KEBUDAYAAN : Rp1,3 Miliar Siap “Antar” Duta Seni Boyolali ke Australia



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode