SOLOPOS.COM - Ilustrasi polisi (JIBI/Bisnis/Dok.)

Seleksi anggota Polri dilakukan di Polda DIY, yang membuka pendaftaran higga 25 April

Harianjogja.com, SLEMAN – Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda DIY masih menerima pendaftaran anggota Polri melalui seleksi daerah hingga 25 April 2015 mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pendaftaran itu dibuka melalui tiga jalur yaitu Akademi Kepolisian (Akpol), Brigadir dan Tamtama.

Kepala Biro SDM Polda DIY Kombes Rinto Djatmono menjelaskan pendaftaran telah dibuka sejak 8 April dan akan berakhir pada 25 April mendatang.

Sehingga bagi para lulusan SMA/SMK/MA di DIY masih memiliki kesempatan dua pekan lagi untuk mengikuti pendaftaran jika berminat gabung menjadi anggota Polri.

Baik jalur Akpol, Brigadir dan Tamtama Polri 2015 pendaftaran bisa dilakukan di ruang Dalpers Corner Biro SDM Polda DIY. Tepatnya berada di lantai satu gedung serbaguna Polda DIY. Layanan dibuka setiap hari Senin hingga Sabtu, sejak pukul 08.00 –  15.00 WIB.

“Kalau pendaftaran secara online bisa mengisi formulir registrasi di www.penerimaan.polri.go.id di sana segala persyaratan sudah lengkap juga,” ungkapnya dalam rilis kepada Harianjogja.com, Selasa (14/4/2015).

Ketiga jalur itu memiliki beberapa kesamaan persyaratan. Antara lain, saat pendidikan usia minimal 17 tahun dan maksimal 21 tahun. Tinggi badan minimal 165 sentimeter bagi pria dan wanita 163 sentimeter. Pendaftar telah berdomisili di wilayah Polda DIY minimal satu tahun terhitung pada saat pembukaan pendidikan.

Perbedaan syarat spesifik lainnya, untuk Taruna Akpol dengan kriteria lulus dan nilai ujian akhir nasional (UAN) untuk lulusan 2011 dan 2012 jurusan IPA nilai rata-rata 6,5 dan untuk IPS rata-rata 7.00. Sedangkan lulusan 2013 nilai UAN untuk jurusan IPA rata-rata 7.00 dan IPS rata-rata 7,25. Kemudian lulusan 2014 nilai rata-rata 6,5.

“Kalau lulusan 2015 menggunakan nilai rata-rata rapor kelas tiga semester satu minimal 72,50 dan kalau lulus nilai rata-rata UAN 7,25. Itu untuk Akpol,” ungkapnya.

Kemudian untuk jalur Brigadir kriterianya nilai akhir atau gabungan nilai UN dan sekolah minimal 60. Untuk lulusan 2015 bisa menggunakan nilai rata-rata rapor kelas tiga semester satu minimal 60 yang disahkan oleh kepala sekolah. Pendaftar juga disyaratkan memberikan Surat Tanda Kelulusan dengan kriteria “LULUS” dengan nilai akhir 60.

Untuk jalur Tamtama Polri (Brimob) juga memiliki syarat yang hampir sama dengan Brigadir. “Syarat yang harus dipenuhi diantaranya berijasah serendah-rendahnya SMU/SMK/MA dengan kriteria lulus. Bagi lulusan 2015 menggunakan nilai rata-rata rapor kelas tiga semester satu,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya