SOLOPOS.COM - Jordi Amat (kanan) dan Sandy Walsh (Twitter @JordiAmat5/@SandyWalsh_)

Solopos.com, JAKARTA—Proses naturalisasi menjadi pemain Timnas Indonesia Jordi Amat dan Sandy Walsh segera rampung. Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengingatkan Jordi dan Sandy untuk menjaga sikap saat sudah sah menjadi warga negara Indonesia (WNI).

“Kalau knowledge sepak bolanya oke, attitude juga harus baik,” ujar Hinca di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (29/8/2022), seperti dilansir dari Antara.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Pria yang sempat menjabat sebagai pelaksana tugas Ketua Umum PSSI pada 2016 itu pun mengingatkan apa yang pernah terjadi pada Diego Michiels.

Baca Juga: Selangkah Lagi Jordi Amat dan Sandy Walsh Perkuat Timnas Indonesia

Diego, pemain berpaspor Belanda yang dinaturalisasi menjadi WNI pada 2011, beberapa kali terlibat kasus pidana di Indonesia dan bahkan pernah dipenjara. “Jangan sampai itu terulang. Kita semua masih ingat persoalan Diego,” kata Hinca.

Salah satu yang bisa menjadi solusi untuk mencegah pelanggaran-pelanggaran serupa, dia melanjutkan, adalah dengan memberikan pendampingan dari sisi aspek luar sepak bola, terutama budaya.

Budaya Spanyol (negara asal Jordi Amat) dan Belanda (Sandy Walsh) disebut Hinca jauh berbeda dari Indonesia.

Baca Juga: Bermotif Ombak, Ini Makna Jersey Ketiga Baru Timnas Indonesia

“Naturalisasi ini juga berarti menaturalisasi budaya dan tata cara setempat. Misalnya, mereka tak boleh ‘kuping tipis’ karena di Indonesia, begitulah. Kalau bermain bagus didukung, jelek sedikit rawan di-bully. Jadi mental harus kuat,” tutur Hinca.

Komisi III DPR RI menyetujui pemberian warga negara Indonesia kepada Jordi Amat dan Sandy Walsh pada Senin (29/8). Namun, pewarganegaraan mereka belum tuntas. Sebab, dari DPR RI, proses akan berlanjut ke Kementerian Sekretariat Negara lalu menuju Presiden Joko Widodo yang akan mengeluarkan Keputusan Presiden terkait hal itu.

Baca Juga: Shin Tae-yong Kembali, Ini Agenda Timnas Indonesia pada September

Jordi Amat, 30, dan Sandy Walsh, 27, merupakan pesepak bola berposisi bek yang masing-masing berasal dari Spanyol serta Belanda.

Mereka lama berkarier di Eropa. Jordi, seorang bek tengah, sempat memperkuat tim-tim seperti Espanyol, Swansea City dan Real Betis. Kini, dia merumput di Liga Super Malaysia bersama tim Johor Darul Ta’zim.

Sementara Sandy Walsh adalah pesepak bola yang tak pernah berkarier di luar Belgia. Saat ini, bek kanan itu tercatat sebagai pemain reguler klub KV Mechelen di Liga Belgia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya