SOLOPOS.COM - Kota Auckland, Selandia Baru (auckland.com)

Solopos.com, SOLO — Setelah menetapkan pembatasan yang ketat selama dua tahun akibat adanya Covid-19, pemerintah Selandia Baru mengumumkan berencana untuk membuka pembatasan lima langkah bagi warga dan masyarakat internasional berkunjung.

Pembukaan ini dilakukan secara bertahap dengan syarat vaksin dan isolasi diri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk warga Selandia Baru yang berada di Australia dapat kembali ke negaranya mulai 27 Februari sedangkan warga yang datang dari negara lain mulai tanggal 13 Maret,” ujar Perdana Menteri Jacinda Ardern dalam sebuah dalam pidatonya di Auckland Kamis (3/2/2022) dikutip dari BBC.com.

Baca Juga: RI dan Selandia Baru Sepakat Meningkatkan Nilai Perdagangan Dua Arah

Dia menjelaskan, untuk negara bebas visa yang ingin berkunjung seperti Inggris, Amerika, Australia, dan negara Eropa lain dapat memasuki Selandia Baru sekitar bulan Juli.

Mereka yang datang harus melakukan isolasi diri selama 10 hari baik di rumah ataupun akomodasi alternatif lainnya. Isolasi ini tidak perlu dilakukan di fasilitas karantina yang dimiliki oleh negara.

Aturan ketat yang akan berakhir ini disambut sangat baik dari warga Selandia Baru, mengingat banyak dari mereka yang berpisah dari keluarga akibat pemerintah memblokir akses negara lain untuk masuk.

Baca Juga: Gegara Omicron, PM Selandia Baru Batal Gelar Pernikahan

Meskipun begitu dengan pembatasan yang ketat Selandia Baru termasuk salah satu negara yang berhasil menangani Covid. Mereka memiliki angka penularan yang rendah dan angka kematian yang cukup sedikit dibandingkan negara lain yakni 53 jiwa.

“Membuka kembali dengan cara yang terkelola seperti ini akan menyeimbangkan arus masuk dari pendatang sehingga kami dapat bersatu dan mengisi kekurangan tenaga kerja, sembari memastikan sistem perawatan kesehatan dapat mengelola peningkatan kasus,” ujar Ardern.

Menurut Ardern, ada lima langkah yang akan dilakukan pemerintah Selandia Baru. Pertama adalah warga Selandia Baru di Australia dapat kembali, kedua warga Selandia Baru dan pekerja ahli dari negara lain dapat sepenuhnya masuk.

Untuk langkah ke tiga, sedikitnya 5.000 siswa internasional diizinkan masuk mulai 12 April. Sedangkan langkah keempat adalah diperbolehkannya kunjungan dari warga negara asing yang bebas visa. Terakhir pada Oktober mendatang semua pengunjung dan pelajar dari berbagai negara bisa memasuki Selandia Baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya