Selamat! Wali Kota Madiun Terima Penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian LH dan Kehutanan
Solopos.com|jatim

Selamat! Wali Kota Madiun Terima Penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian LH dan Kehutanan

Maidi menuturkan penghargaan Nirwasita Tantra 2020 ini diberikan karena Kota Madiun dianggap berhasil menata kota dengan memperhatikan lingkungan.

Solopos.com, MADIUN — Wali Kota Madiun, Maidi, menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020 kategori Pemerintah Daerah Kota Sedang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan ini diberikan karena menilai pembangunan fisik di Kota Madiun mempertimbangkan kelestarian lingkungan.

Penghargaan ini  menjadi kado indah ulang tahun ke-103 tahun Kota Madiun. Wali kota menerima penghargaan tersebut secara langsung di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Selasa (15/6/2021).

Maidi menuturkan penghargaan Nirwasita Tantra 2020 ini diberikan karena Kota Madiun dianggap berhasil menata kota dengan memperhatikan lingkungan. Pembangunan infrastruktur di Kota Madiun benar-benar memperhatikan lingkungan.

4 Warga Meninggal Kena Covid-19, 1 Gang di Kota Mojokerto Lockdown

Selama dua tahun memimpin Kota Madiun, lanjut Maidi, sudah ada 10.000 pohon yang ditanam dan 14 pohon pule raksasa yang ditanam di tengah kota. Ditargetkan akan ada 36 pohon pule jumbo yang akan ditanam di berbagai titik di wilayahnya.

“Kota semakin lama kan semakin panas. Untuk itu, pemerintah menanam pohon-pohon besar. Ini tidak ada di kota lain. Dengan menanam pohon-pohon besar diharapkan oksigen di kota tidak akan habis,” jelas dia, Rabu (16/6/2021).

Maidi menuturkan upaya pembangunan kota dengan memperhatikan prinsip pembangunan berkelanjutan memang telah menjadi fokus perhatian pemkot selama ini. Hal ini juga diperkuat dengan adanya program, kegiatan, dan kebijakan yang memperhatikan prinsip-prinsip tersebut. Seperti pembangunan kampung trmatik, lapak UMKM, hingga trotoar multifungsi.

Angka Positif Covid-19 Naik, Pemkot Madiun Batasi PKL Berjualan Sampai Pukul 21.00 WIB

Maidi menegaskan penghargaan Nirwasita Tantra ini menjadi bukti apresiasi atas kinerja seluruh pihak selama ini. Khususnya dalam hal pembangunan di Kota Madiun.

“Seluruh jerih payah dan lelah untuk membangun kota ini dibayar lunas dengan penghargaan ini,” kata dia.

Tidak hanya menerima penghargaan, pada kesempatan tersebut Maidi juga didapuk menjadi pembicara dalam talkshow bertema Peran Kepala Daerah sebagai Green Leaders dalam Peningkatan Green Economy.

Geger! Bayi Perempuan Dibuang di Masjid Ponorogo

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar memberikan ucapan selamat kepada seluruh kepala daerah dan DPRD yang menerima penghargaan. Menurutnya, tak mudah untuk mendapatkan penghargaan ini.

Sebab, proses seleksi dilakukan secara ketat dan panjang. Total ada 21 provinsi, 57 kota, dan 146 kabupaten yang bersaing mendapatkan penghargaan tersebut.

‘’Penghargaan ini merupakan apresiasi pemerintah atas aktualisasi kepemimpinan yang berorientasi green maupun deep green dalam merumuskan program kerja dan kebijakan yang secara ketat menganut prinsip pembangunan berkelanjutan,’’ kata dia. (ADV)



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago