Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Selamat! UKSW Raih Penghargaan Kerja Sama Anugerah Diktiristek 2021

UKSW menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Tengah yang mendapatkan penghargaan ini.
SHARE
Selamat! UKSW Raih Penghargaan Kerja Sama Anugerah Diktiristek 2021
SOLOPOS.COM - Pembantu Rektor IV UKSW Joseph Ernest Mambu. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Universitas Kristen Satya Wacana atau UKSW Salatiga kembali menyabet prestasi membanggakan. Kali ini UKSW meraih penghargaan dalam Anugerah Diktiristek 2021.

Baru-baru ini, UKSW melalui Biro Kerja Sama dan Hubungan Internasional (BKHI) berhasil meraih Juara Harapan I Kategori Pengelolaan Data Kerja Sama Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam Anugerah Diktiristek 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Acara ini diselenggarakan di Auditorium Kompleks Kemendikbudristek di Jakarta dan juga online melalui platform Zoom Meeting pada Kamis (13/1/2022).

Diwawancarai secara online baru-baru ini, Pembantu Rektor IV UKSW Bidang Kerja Sama Kelembagaan dan Internasionalisasi Joseph Ernest Mambu, S.Pd., M.A., Ph.D., menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada BKHI dan juga Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL DIKTI) Wilayah VI yang telah memberikan pendampingan sehingga UKSW dapat berpartisipasi dalam kompetisi pengelolaan data kerja sama di tingkat nasional.

Baca Juga: 6 Program Studi Terakreditasi Unggul, Ini Sejumlah Pencapaian UKSW

UKSW menjadi satu-satunya PTS di Jawa Tengah yang mendapatkan penghargaan ini. PTS lainnya yang mendapatkan penghargaan kategori ini ada di Bandung, Jakarta, Banten, dan juga Yogyakarta.

“Ini adalah penghargaan sekaligus menjadi cambuk agar lebih baik lagi dalam hal pengelolaan data kerja sama. Tentunya tidak hanya berhenti di pegelolaan datanya saja, tetapi juga pada implementasi kerja samanya. Terima kasih kepada Ibu Debora Natalia Sudjito Kepala BKHI dan tim yang sudah bekerja keras dan juga kepada Ibu Neny Isharyanti yang mengepalai BKHI saat ini,” imbuhnya.

Joseph Mambu berharap prestasi ini bisa meningkat secara nasional di tahun-tahun mendatang.

“Anugerah ini menekankan bagaimana pengelolaan data dokumen kerja sama dilakukan dari level pimpinan sampai ke bawah. Data yang dihimpun juga menunjukkan seberapa aktif dokumen kerja sama yang dibuat. Di tahun 2020 ke 2021, meskipun belum ada pemeringkatan, jumlah kerja sama aktif UKSW dengan lembaga-lembaga terus mengalami peningkatan,” terangnya.

Baca Juga: Kovizin Antar Mahasiswa FKIP UKSW Juara 2 Lomba Inovasi Pendidikan

Lebih lanjut, Joseph Mambu mengatakan UKSW masih menyimpan harapan agar dapat bekerja sama lebih konkret dengan mitra-mitra baik di dalam maupun luar negeri, khususnya dengan perguruan tinggi yang masuk dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik di dunia.

“Tentu ini membutuhkan kerja keras karena penjajakan, formalisasi dan pemeliharaan kerja sama dengan mitra dalam dan luar negeri di berbagai lini; baik industri dan organisasi strategis nasional dan internasional dan juga pemerintahan dan perguruan tinggi masih harus terus ditingkatkan,” katanya.

144 Kerja Sama Baru

Dari data yang didapatkan, selama tahun 2021 tercatat ada 144 kerja sama baru yang berhasil terealisasi. Lembaga ini meliputi meliputi dunia industri dalam dan luar negeri seperti bank, perusahaan dan laboratorium klinik.

Kemudian institusi pemerintahan dalam negeri yaitu pemerintah kota, pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi, pengadilan, kejaksaan, kementerian, dan lainnya. Selain itu, juga institusi pendidikan dalam negeri seperti sekolah, universitas atau sekolah tinggi atau akademi, yayasan pendidikan.

Baca Juga: Peran Fiskom UKSW Dampingi dan Kuatkan Masyarakat Perangi Stunting

Termasuk pula kerja sama dengan institusi pendidikan luar negeri meliputi perguruan tinggi dan non perguruan tinggi; serta organisasi dalam dan luar negeri seperti gereja, rumah sakit, organisasi dan yayasan non pendidikan. Beberapa kerja sama terbaru yang dijalin UKSW adalah dengan Kirirom Institute of Technology dan Universiti Teknologi Malaysia.

Dalam gelaran Anugerah Diktiristek 2021, diberikan penghargaan yang terdiri atas kategori Anugerah Kampus Merdeka, Anugerah Kerja Sama, Anugerah Humas, serta Anugerah Jurnalis dan Media. Anugerah kerja sama sendiri terdapat dua kategori yaitu manajemen laporan kerja sama dan fasilitasi kerja sama, serta pengelolaan data kerja sama yang juga dimenangi UKSW.

Pemberian anugerah ini merupakan apresiasi Ditjen Diktiristek kepada stakeholder yang berasal dari perguruan tinggi, mitra (kementerian, lembaga, serta dunia usaha dan industri), jurnalis, maupun media yang telah berpartisipasi secara aktif dan meraih pencapaian tertinggi dalam mendukung implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi.




Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode